Debat Perdana Pilbup Pacitan, KPU Usung Tema Memajukan Daerah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

oleh -13106 views
Media Ghatering KPU Pacitan jelang debat perdana Pilbup Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan mulai menyelenggarakan kegiatan kampanye debat publik yang dilaksanakan pada Selasa (27/10/2020) malam pukul 20.00 WIB.

Komisioner KPU Pacitan divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Iwit Widhi Santoso dalam keterangannya kepada awak media, Senin (26/10/2020) mengatakan debat publik pilbup akan diselenggarakan sebanyak tiga kali.

“Pertama tanggal 27 Oktober 2020, 11 November 2020, dan 3 Desember 2020,”ujarnya.

Dikarenakan dalam kondisi pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19), pria yang akrab disapa Wiwit Rowi ini mengatakan mekanisme debat sangat dibatasi pesertanya serta menerapkan protokol kesehatan.

“Pelaksaan debat nanti sudah diatur hanya ada 19 orang. Pasangan paslon, Masing-masing tim kampanye 4 orang ditambah dua orang bawaslu dan 5 KPU,”ujarnya.

Pada debat pertama yang akan dilaksanakan Selasa malam, Wiwit Rowi mengatakan tema yang diusung adalah “Memajukan Daerah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.”

“Debat pertama akan dilaksanakan di gedung Yayasan Bhakti Ibu (YABI) Pacitan, dengan moderator  Dwi Laili Sukmawati, kami harapkan ini juga menjadi modal bagi masyarakat untuk mengetahui visi dan misi setiap paslon.

“Ini akan menjadi modal bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya pada 9 Desember nanti,”pungkas mantan jurnalis senior di Pacitan ini.

Debat publik edisi perdana sendiri akan dilaksanakan pada Selasa (27/10/2020) yang disiarkan secara langsung melalui laman YouTube KPU Kabupaten Pacitan.

Sebagai informasi, Pilbup Pacitan yang akan digelar pada Rabu (9/12/2020) mendatang diikuti 2 Paslon, yakni nomor urut 1 adalah Indrata Nur Bayuaji-Gagarin. Keduanya diusung oleh Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Sementara paslon nomor urut 2 adalah Yudi Sumbogo-Isyah Ansori. Keduanya diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta didukung Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Debat publik ini merupakan salah satu bagian dari masa kampanye Pilbup Pacitan yang sudah berlangsung sejak Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan