Nikmati Kuliner Nasi Godong Jati Pacitan, Khofifah: Rasanya Lebih dari Sekedar Menjadi ‘Iron Man’

oleh -13118 views
Nasi Godong Jati Pacitan yang dicicipi Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Dok/IG Khofifah)

Pacitanku.com, PACITAN – Di sela kunjungannya di Pacitan, Ahad (18/10/2020), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berkesempatan mencicipi salah satu kuliner legendaris dari Pacitan, yakni Nasi godong jati.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga memposting foto dirinya sedang makan Nasi Godong Jati Pacitan di akun instagramnya.

“Dari Tulungagung, sekarang bergeser ke Pacitan. Disini kamu bisa memanjakan lidahmu dengan Nasi Godong Jati. Kalau di Cirebon sana, ada Nasi Jamblang,”kata Khofifah seperti dikutip dari akun instagramnya @Khofifah.ip.

Menurut Khofifah, yang membedakan nasi jamblang dengan nasi godong jati Pacitan adalah dari lauknya.

“Nah, bedanya adalah jika nasi jamblang lauknya beragam, maka nasi godong jati cukup disajikan dengan lauk urap, tahu, tempe, peyek teri, bakwan ataupun telur goreng,”ujar Khofifah.

Meski sederhana, Khofifah menyebut rasa nasi godong jati Pacitan cukup nikmat, bahkan diibaratkan lebih dari sekedar menjadi Iron Man.

“Sederhana, tapi rasanya lebih dari sekedar menjadi Iron Man,”tukasnya.

Sebagai informasi, istilah kuliner seperti menjadi Iron Man itu awalnya dipopulerkan oleh Video jualan odading atau kue bantal Mang Soleh atau Mang Oleh dari Bandung yang viral di Twitter dan YouTube. Pria asal Bandung bernama Nandar Ukandar alias Ade Londok, berperan membuat video viral itu dalam bahasa Sunda.

Ade Londok mempromosikan odading dalam bahasa Sunda yang kasar. Misalnya, bahasa Sunda halus untuk saya adalah ‘abdi’. Sedangkan Ade Londok mengucapkan dengan kata Sunda kasar yaitu ‘aing’.

Kata-kata yang diucapkan Mang Oleh pun beberapa menjadi viral seperti “Rasanya seperti Anda menjadi Iron Man” dan pantun Ikan Hiu Makan Tomat sangat menggelitik. Hal itu membuat netizen mengikuti pantun tersebut.

Khofifah sendiri juga memberikan alasan mengapa dirinya melakukan review makanan khas di sela-sela kunjungan ke daerah.

“Oh ya, alasan saya kerap mereview makanan khas disela-sela kunjungan kerja ke daerah tidak lain karena saya ingin warisan kuliner negeri ini tetap abadi ditengah banjirnya makanan asing,”pungkas Khofifah.

Kuliner nasi godong jati ini merupakan kuliner khas Pacitan. Kuliner satu ini, sesuai namanya, adalah nasi yang dibungkus menggunakan daun jati. Beberapa dekade silam, makanan seperti itu hanya ditemukan saat ada hajatan terutama pernikahan dimana nasi daun jati ini akan selalu ada sebagai berkat orang-orang yang menyumbang.

Di Pacitan, ada beberapa tempat yag menjual kuliner ini dan bisa didapatkan untuk menu sarapan.Sebut saja warung milik Maryani di Desa Semanten, Pacitan.

Pewarta: Dwi Purnawan

Video Nasi Godong Jati Pacitan