Indartato Berharap Katar Pacitan Sinergi Bersama Tanggulangi Masalah Kesejahteraan Sosial

oleh -13106 views
Bupati Pacitan Indartato bersama pengurus Katar Pacitan pada Rabu (30/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato berharap Karang Taruna (Katar) Kabupaten Pacitan bisa bersinergi dengan semua elemen untuk menanggulangi masalah kesejahteraan sosial.

Hal itu disampaikan Indartato usai melantik pengurus Katar Pacitan periode 2020-2025, Rabu (30/9/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Jadi gini, sesuai peraturan yang berlaku, bahwa karang taruna itu punya tugas yaitu mengembangkan potensi para pemuda dan masyarakat. Oleh karena itulah, dengan dilantiknya pengurus yang baru ini periode 2020-2025, saya mengucapkan selamat dan mudah-mudahan bisa melaksanakan perannya dengan sebaik-baiknya,”kata Indartato.

Peran tersebut, kata Indartato, yang pertama adalah membantu menanggulangi masalah kesejahteraan sosial.

“Dan yang kedua bisa kerjasama dengan semua elemen yang ada di kabupaten Pacitan, termasuk pemerintah daerah, fokusnya adalah masalah kesejahteraan sosial ini yang paling banyak adalah masalah yang kita hadapi di Kabupaten Pacitan ini adalah kemiskinan,”papar Indartato.

Kemiskinan, kata Indartato, membawa dampak pada yang lain-lain tentang kekurangan-kekurangan, yang sekaligus tentang anak-anak yang berkebutuhan khusus.

“Terus orang-orang yang sudah tua-tua yang rentan dengan penyakit yang sekaligus sudah tidak punya keluarga dan sebagainya tinggal satu sebatang kara ini yang wajib kita urusi bersama,”jelasnya.

Sementara, Ketua Katar Pacitan Mulyadi saat memberikan sambutan dalam Rapat Kerja (Raker) Katar Pacitan mengatakan ada tiga hal yang akan menjadi fokus kerja Katar Pacitan periode 2020-2025.

“Pertama adalah misi sosial, ini yang juga menjadi tujuan karang taruna, misi kita kesejahteraan sosial, kita akan membantu, dengan kolaborasi dengan Dinas Sosial Pacitan menyelesaikan persoalan sosial yang ada di Pacitan,”jelas pria yang juga Dosen di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan ini.

Selanjutnya, yang kedua, kata Mulyadi, adalah persoalan kemandirian.

Menurut Mulyadi, salah satu yang menjadifokus adalah kemandirian pada generasi di Karang Taruna,baik di tingkat Kabupaten sampai di tingkat desa.

“Panjenengan (Pengurus Katar) yang menjadi pioner bisa membuat dirinya mandiri sebelum mempengaruhi orang lain untuk mandiri,”tukasnya.

Selain itu, kata Mulyadi, yang ketiga adalah fokus kerja berkarakter. Dimana, kata dia, jika pengurus Katar memiliki kepribadian yang baik, akan mampu memberikan teladan kepada khalayak umum.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Karang Taruna Diharapkan Sinergi dengan Pemkab Tanggulangi Masalah Sosial