Begini Cara Renovasi Rumah Lama dengan Modal Pinjaman Online

oleh -1364 views

Pacitanku.com, PACITAN — Memiliki rumah yang nyaman dan bagus merupakan impian banyak orang. Namun, untuk mendapatkan hunian yang nyaman tidak perlu harus membangun rumah baru. Hal ini dikarenakan rumah yang sudah ada bisa direnovasi. Membangun rumah maupun hanya renovasi sama-sama membutuhkan biaya.

Berencana akan merenovasi rumah tetapi tidak memiliki banyak uang? Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengajukan pinjaman di pinjaman online. Ada banyak pilihan pinjaman online yang bisa dipilih. Lantas, bagaimana cara renovasi rumah lama dengan modal pinjaman online? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Membuat Perencanaan yang Matang

Ketika berencana akan melakukan renovasi rumah disarankan untuk lebih dulu membuat perencanaan awal. Perencanaan awal ini dibuat untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Estimasi bujet yang dibuat termasuk untuk kebutuhan material dan furniture yang akan dibeli.

2. Memilih Material yang Tahan Lama

(Cms.confederatiebouw.be)

Setelah membuat perencanaan awal, selanjutnya memilih material yang akan digunakan. Sebaiknya memilih material yang tahan lama karena bisa bertahan hingga puluhan tahun. Tentu ini akan menghemat biaya di kemudian hari untuk membeli material lagi untuk renovasi rumah. Jika dipikir-pikir sebaiknya membeli material yang berkualitas meski harganya lebih mahal.

Pada bagian eksterior rumah, sebaiknya memilih material yang tahan dengan cuaca panas dan hujan. Sedangkan untuk bagian interior rumah bisa menggunakan keramik lantai yang kuat dan juga anti lecet. Pilihlah cat dinding yang mudah dibersihkan.

3. Menggunakan Material yang Masih Layak Pakai

Namanya juga renovasi jadi bukan berarti segala material diganti dengan yang baru. Jika semua diganti dengan yang baru pastinya akan membutuhkan dana yang sangat besar padahal dana yang digunakan untuk renovasi merupakan hasil pinjaman. Maka dari itu, direkomendasikan untuk tetap menggunakan material yang masih layak pakai.

Cara seperti ini sangat efektif untuk menekan biaya supaya kehidupan finansial pasca renovasi bisa tetap stabil. Pastinya setiap bulan harus bisa membayar cicilan atau angsuran beserta bunganya.

4. Merubah Furniture Lama dengan Kreatifitas Sendiri

(Thebalancesmb.com)

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk renovasi rumah dengan modal pinjaman online adalah tidak perlu mengganti furniture yang dimiliki. Anda bisa menyulap furniture yang ada menjadi lebih baik. Caranya dengan merubah warna atau bentuknya supaya terlihat baru.

5. Memilih Sistem Pembayaran Borongan

Perlu diketahui jika sistem pembayaran yang bisa digunakan ketika membangun atau merenovasi rumah adalah sistem pembayaran harian dan juga borongan. Namun, jika Anda memiliki bujet pas-pasan sebaiknya memilih sistem pembayaran borongan karena lebih hemat. Menariknya lagi, Anda tidak perlu memikirkan biaya yang dikeluarkan pekerja setiap harinya.

6. Membeli Material Renovasi Sendiri

(Egacipta.com)

Cara renovasi rumah lama dengan modal pinjaman online selanjutnya yaitu membeli material sendiri. Alasannya untuk membantu Anda dalam menyesuaikan anggaran yang telah ditetapkan sejak awal. Cara ini nantinya akan menghindari terjadinya pembengkakan biaya akibat tambahan biaya tak terduga.

7. Memilih Tukang Bangunan yang Berkualitas

Kesuksesan atau berhasilnya renovasi rumah pasti tidak bisa dilepaskan dari keberadaan tukang bangunan. Sebaiknya Anda memilih tukang bangunan daripada kontraktor untuk renovasi rumah. Salah satu alasannya karena lebih berpengalaman dan bisa dengan mudah melakukan diskusi mengenai progres pembangunan.

Salah satu aplikasi pinjaman online yang bisa dipilih supaya mendapatkan modal untuk renovasi rumah lama adalah Tunaiku. Apabila Anda masih belum mengenalnya maka harus mengetahui review Tunaiku. Aplikasi ini bisa memberikan Anda pinjaman maksimal Rp 20 juta dengan tenor maksimal 20 bulan. Peminjam akan mendapatkan pinjaman tanpa harus mempersiapkan agunan atau jaminan.

Review Tunaiku juga terbilang sangat positif dari segi keamanannya. Sebab, aplikasi ini merupakan pinjaman online OJK. Artinya semua kegiatannya diawasi oleh OJK sehingga aman dan terpercaya. Keberadaan Tunaiku akan membantu Anda mewujudkan mimpi memiliki rumah yang nyaman. Jadi, yuk pakai Tunaiku sekarang juga!