Ini Program Aksi Aji-Gagarin Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi dari Sektor Wisata

oleh -1398 views
Paslon Aji-Gagarin saat deklarasi, beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji dan Gagarin memiliki visi “Pacitan sejahtera dan bahagia” dengan tagline “utamakan rakyat.”

Seperti dikutip dari laman KPU Pacitan, Selasa (29/9/2020), salah satu misi yang merupakan turunan dari visi tersebut adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor wisata dan agraris yang didukung oleh sektor unggulan lainnya.

Menurut Aji dan Gagarin, seperti yang tertuang di dalam misi tersebut, misi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui optimalisasi potensi wisata, peningkatan produktivitas bidang pertanian, peternakan, kehutanan rakyat, dan perikanan, serta pengembangan UMKM dan Koperasi sebagai  sektor unggulan yang didukung dengan kebijakan ekonomi pada sektor-sektor Iain.

Salah satu yang menarik, turunan dari misi tersebut, Paslon yang diusung koalisi 7 Parpol ini memiliki strategi, dimana peningkatan pertumbuhan ekonomi dari sektor wisata dan agraris kabupaten Pacitan memiliki potensi pariwisata yang dapat dioptimalkan menjadi penggerak ekonomi andalan.

Hal ini diharapkan mampu menciptakan pasar bagi produk unggulan UMKM, usaha jasa hotel dan rumah makan. Disamping optimalisasi potensi wisata, ekonomi juga harus digerakkan pada potensi hasil pertanian, kehutanan rakyat, perkebunan, dan perikanan darat dan laut.

Adapun strategi peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut dilakukan untuk mencapai sasaran meningkatnya jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan, meningkatnya pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang aktivitas ekonomi, meningkatnya produktivitas pertanian untuk menjaga ketahanan pangan.

Kemudian meningkatnya produksi hasil perkebunan, peternakan dan kehutanan rakyat, meningkatnya produksi hasil perikanan darat dan laut, kemudian juga meningkatnya jumlah investasi yang masuk, meningkatnya kualitas dan kuantitas manajemen lembaga UMKM dan Koperasi, meningkatnya peran BUMD dalam penggerakkan perekonomian daerah dan meningkatnya jumlah usahawan muda.

Turunan dari strategi tersebut dijabarkan oleh Aji-Gagarin dalam visi dan misi tersebut dalam bentuk program aksi peningkatan perekonomian, dimana program aksi bidang perekonomian adalah yang pertama menjadikan industri pariwisata sebagai lokomotif.

Menurut Aji dan Gagarin sesuai dalam visi dan misi tersebut, program ini untuk mengoptimalkan potensi pariwisata sebagai penyumbang PAD bagi Kabupaten Pacitan, melalui program wisata yang terprogram yang mampu menaikan angka kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Pacitan.

Saat menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan UMKM Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Pacitan, Senin (21/9/2020) lalu, Cawabup Gagarin sempat menyinggung sinergi antara pariwisata dan UMKM untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pacitan.

“Selanjutnya setelah kita mensupport rumpun agraris, harapan kita dari rumpun agraris ini bisa menjadi produk-produk olahan yang dikelola oleh UMKM. Pasarnya kedepan dipersiapkan dengan pariwisata marketnya,”kata Gagarin, saat itu.

Baca juga: Gagarin: Pariwisata Bisa Jadi Market untuk Support Pengembangan UMKM

Menurut Gagarin, pariwisata di Pacitan harus ditopang dengan tidak berorientasi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi.

“Pariwisata ini harus kita topang, kita jangan berorientasi kepada PAD dari retribusi, tetapi kita membuka seluas-seluasnya kunjungan dari warga masyarakat dari luar Kabupaten Pacitan ke Pacitan ini, sehingga nanti itu berikutnya UMKM didorong untuk bisa meningkatkan nilai-nilai dari produk rumpun agraris dan ekonomi kreatif lainnya, misalnya batik dan karya-karya seni lainnya,”jelasnya.

Disisi lain, pria yang berlatar belakang pengusaha jagal sapi di Ngadirojo ini juga mengusulkan adanya showroom di tempat wisata yang bersinergi dengan UMKM.“Jadikan market di pariwisata. Kita jadikan pasar, kita kalau perlu nanti membangun showroom di tempat wisata yang akan digunakan oleh UMKM di dalam pemasarannya,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Aji-Gagarin Nomor Urut 1, Mbogo-Isyah Nomor Urut 2, Apa Kata Para Paslon?