Aji-Gagarin Siap Wujudkan Percepatan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Wilayah Perbatasan

oleh -13145 views
DAPAT NOMOR URUT 1. Paslon Aji dan Gagarin saat memperoleh nomor urut 1, Kamis (24/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pacitan nomor urut 1 Indrata Nur Bayuaji dan Gagarin memiliki visi “Pacitan sejahtera dan bahagia” dengan tagline “utamakan rakyat.”

Seperti dikutip dari laman KPU Pacitan, Senin (28/9/2020), untuk mewujudkan visi tersebut, salah satu upayanya dengan menjabarkan menjadi empat misi, dimana misi yang pertama mewujudkan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur pembangunan wilayah perbatasan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Pada poin misi yang pertama ini, Aji dan Gagarin menyebut, dimaksudkan agar dapat mendorong terlaksananya pembangunan infrastruktur yang proporsional dan tepat sasaran, meningkatkan pemerataan pembangunan hingga wilayah pebatasan.

“Sehingga dampaknya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta membantu mempermudah masyarakat dalam mencukupi kebutuhan dasar, selan itu, dengan misi ini diharapkan pembangunan yang dilaksanakan tetap memperhatikan kualitas lingkungan hidup,”katanya seperti dikutip dalam visi dan misi paslon Aji-Gagarin yang diunggah di laman KPU Pacitan.

Selain itu, misi yang kedua adalah mewujudkan pembangunan dan peningkatan daya saing SDM yang kukuh berpijak pada nilai-nilai budaya bangsa.

Ketiga, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sektor wisata dan agrrais yang didukung oleh sektor unggulan lainnya. Dan misi keempat adalah menciptakan birokrasi pemerintah yang inovatif, profesional dan melayani.

Sebagai informasi, di Pacitan, terdapat satu persoalan terkait infrastuktur, dimana kualitas jalan yang masih kurang. Dan sesuai LKPJ tahun 2019, baru sekitar 63,82 persen jalan dalam kondisi baik, rata-rata mengalami peningkatan sebesar 2 persen per tahun.

Yang cukup menarik adalah fokus Aji-Gagarin untuk melakukan strategi percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur dan pembangunan wilayah perbatasan.

Saat berbincang dengan Pacitanku.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/9/2020) lalu, Aji menyebut salah satu aspirasi dari masyarakat adalah peningkatan infrastruktur.

“Harapannya untuk masyarakat, rata-rata adalah peningkatan infrastruktur yang tentunya semuanya berujung pengentasan kemiskinan, dan Insyaallah kami sudah punya konsepnya,”kata Aji, saat itu.

Kemudian, dalam misi yang tertuang, Aji dan Gagarin menyebutkan pembangunan infrastruktur merupakan salah satu kebutuhan yang paling dirasakan masyarakat.

Infrastruktur, tidak hanya menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi tetapi juga menjadi saana penggerak perekonomian masyarakat.

Dari strategi percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk mencapai sasaran-sasaran sebagai berikut meningkatnya kualitas dan kuantitas jalan poros desa, kemudian meningkatnya kualitas dan kuantitas pembangunan di wilayah perbatsan.

Selanjutnya, meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan air bersih masyarakat perubahan layak dan sanitasi, kemudian meningkatknya pemerataan cakupan layanan jaringan listrik dan komunikasi, meningkatnya kemudahan konektivitas antar wilayah atau kabupaten dan meningkatnya kualitas lingkungan hidup.

Aji dan Gagarin kemudian menjabarkan kembali misi tersebut ke dalam prioritas 1 program aksi pembangunan infrastruktur.

Dimana poin yang terkandung adalah peningkatan dan pemerataan pembangunan jalan porosdesa, pembangunan Kawasan perbatasan, peningkatan cakupan layanan air bersih, pemerataan cakupan layanan listrik dan internet dan peningkatan kemudahan konektivitas antar kabupaten.

Video Aji-Gagarin Nomor Urut 1, Mbogo-Isyah Nomor Urut 2, Apa Kata Para Paslon?