Terkait Adanya Pembatasan Kampanye, Gagarin: Kami Bisa Adaptasi dengan Situasi ini

oleh -1379 views
ADAPTASI. Cawabup Pacitan saat menandatangani deklarasi damai oleh Bawaslu pada Jumat (25/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Calon wakil bupati (Cawabup) Pacitan nomor urut 1 Gagarin mengaku pihaknya bisa melakukan adaptasi dengan adanya pembatasan dalam kegiatan kampanye sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19 pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan.

“Kami mengikuti apa yang menjadi ketentuan kepada semua instrument yang mengatur Pilkada serentak di pacitan. Artinya apa? kita apa menyadari ini adalah sedang dalam posisi ada pandemi COVID-19 dengan demikian semua regulasi menyesuaikan dengan protokol kesehatan,”kata Gagarin saat ditemui wartawan pada Jumat (25/9/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Bagi dirinya dan calon bupati Indrata Nur Bayuaji, Gagarin menilai hal itu bukanlah suatu persoalan yang berarti.

“Hanya memang kami harus menyesuaikan dengan rencana yang sudah kami susun. Seharunsyna mengumpulkan dalam jumlah yang lebih besar, tetapi sekarang dibatasi hanya 50,”tandas pria yang baru saja melakukan perpisahan sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Pacitan tersebut.

Namun demikian, Gagarin mengungkapkan hal itu bukan masalah, karena menrutnya dirinya dan Indrata yang berada di nomor urut 1 didukung dari beberapa profesi dan dari beberapa kultur masyarakat Pacitan.

“Didukung dari semua elemen masyarakat Pacitan, didudukng dari katakan beberapa profesi yang menghendaki untuk suksesnya dalam Pilkada ini maka bagi kami sebenarnya tidak ada persoalan yang begitu mendasar dan kami bisa adaptasi dengan hal ini,”jelasnya.

Menurut Gagarin, pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan masyarakat.

“Karena memang sudah awal dan kami sudah komunikasi dengan masyarakat ini jauh-jauh awal, (pembatasan) menghambat, iya, tapi kami bisa mengadaptasikan dengan situasi ini,”pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pada Kamis (24/9/2020), KPU menggelar pakta integritas untuk Paslon terkait penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilbup.

Setelah KPU, disusul Bawaslu Pacitan yang menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan protokol kesehatan Pilbup Pacitan.

Salah satu bentuk pembatasan dalam upaya penerapan protokol kesehatan itu adalah dalam kegiatan kampanye, dimana pertemuan maksimal diikuti 50 orang dan kampanye rapat umum ditiadakan. Sesuai jadwal, kampanye sendiri akan dimulai pada Sabtu (26/9/2020).

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Aji-Gagarin Nomor Urut 1, Mbogo-Isyah Nomor Urut 2, Apa Kata Para Paslon?