Berlatar Belakang Pengusaha, Gagarin Ungkap Alasan Dirinya Masuk ke Politik

oleh -13135 views
Gagarin Sumrambah. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Pacitan Gagarin mengungkapkan salah satu alasan mengapa dirinya menjadi politisi dan masuk ke Partai Politik (Parpol) di Pacitan meski dirinya berlatar belakang pengusaha.

Hal itu disampaikan oleh Gagarin saat menyampaikan sambutan dalam pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Pacitan, Senin (21/9/2020) di Aula Hotel Srikandi, Pacitan.

Awalnya, politisi Partai Golongan Karya (Golkar) dari Kecamatan Ngadirojo itu berbicara tentang pentingnya sinergi antara Pemerintah dan dunia usaha di Pacitan untuk pengembangan UMKM.

“Kalau toh semuanya memungkinkan kita nanti juga akan membuat kebijakan yang mengkooptasi tempat-tempat marketing lainnya. Yang sekiranya mungkin bisa produk-produk dari UMKM dititipkan di tempat tersebut, misalnya kita bisa mengkooptasi terkait Indomaret dan Alfamart yang dalam perpanjangan izin atau mengurus izin diwajibkan untuk memiliki ketentuan memasarkan produk lokal. Itu hanya bisa dilakukan lewat pelakunya adalah yang mempunyai kewenangan pengambilan kebijakan,”jelasnya.

Terkait pengambilan kebijakan itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa dirinya masuk ke dunia politik melalui Parpol.

“Makanya saya niatkan di tahun 2003, saya masuk Parpol, untuk tujuan supaya bisa memberikan peran pengambilan kebijakan, sehingga pro kepada masyarakat dan rakyat kita. Mungkin itu sedikit gambaran tentang mimpi saya andaikata saya diijabahi Gusti Allah SWT menjadi pemimpin kedepannya,”jelas legislator yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha di Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo ini.

Sebagai informasi, Gagarin adalah politisi gaek di Pacitan. Bahkan dirinya menjadi pimpinan DPRD Pacitan di masa dua periode terakhir.

Pada tahun 2019 yang lalu, Gagarin berhasil meraup suara terbanyak perolehan di Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Pacitan. Saat itu, Gagarin berhasil meraih  9.718 suara dengan rincian di Kecamatan Ngadirojo meraup 5.954 suara, dan di Kecamatan Sudimoro meraup 3.764 suara.

Atas raihan tersebut, pria yang merupakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pacitan itu sukses menjadi anggota DPRD Pacitan dan diamanahi menjadi Wakil Ketua DPRD Pacitan untuk periode 2019-2024.

Pada tahun 2020 ini, Gagarin memutuskan maju menjadi Bacawabup Pacitan mendampingi Indrata Nur Bayuaji sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Pacitan.

Gagarin saat menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan UMKM oleh KADIN Pacitan, Senin (21/9/2020) di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Duet Aji-Gagarin diusung Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain diusung kekuatan 7 partai pengusung itu, Aji-Gagarin juga didukung 6 partai, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Berkarya.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan sendiri telah melakukan sejumlah tahapan Pilbup Pacitan, diawali dengan pendaftaran pasangan calon pada Jumat (4/9/2020) hingga Ahad (6/9/2020) lalu. Kemudian dilanjutkan dengan penetapan pasangan calon pada Rabu (23/9/2020) dilanjutkan pengundian nomor urut pada Kamis (24/9/2020).

Tahapan kemudian dilanjutkan masa kampanye pada Sabtu (26/9/2020) hingga Sabtu (5/12/2020) mendatang. Tahapan puncak kemudian dilaksanakan pelaksanaan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu (9/12/2020) mendatang.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Blak-blakan Klarifikasi Gagarin Seputar Isu yang Berhembus di Pilbup Pacitan