Yudi Sumbogo: Jika Memiliki Pelabuhan Niaga, Pacitan Semakin Berkembang

oleh -2 Dilihat
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)
Proyek Pembangunan Jembatan Gelon. (Foto : Dishubkominfo Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bakal calon bupati (Bacabup) Pacitan Yudi Sumbogo menilai Pacitan akan semakin berkembang jika memiliki Pelabuhan niaga.

“Akan banyak orang yang datang ke Pacitan, selain berniaga juga bisa berwisata di sini. Menikmati suasana alam yang indah, mencicipi kuliner yang khas juga keramahan masyarakat Pacitan akan menyambut mereka,”kata Yudi Sumbogo saat dikonfirmasi pada Senin (14/9/2020) malam.

Untuk itu, pria yang kini menjadi kader PDI Perjuangan itu menjanjikan pembangunan niaga di Pacitan jika terpilih menjadi Bupati Pacitan.

“Untuk itu, pembangunan pelabuhan niaga akan menjadi prioritas  kami (Mbois, red), dalam memajukan Pacitan,”tandasnya.

Lebih lanjut, Mbogo mengatakan, proyek pelabuhan niaga merupakan satu di antara 80 proyek pembangunan pelabuhan yang mangkrak.

“Proyek pembangunan pelabuhan niaga di Teluk Gelon, Desa Kembang, Kecamatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, akan dimaksimalkan sehingga kita memiliki akses pintu masuk melalui laut, ini seiring dengan program Tol Laut yang dicanangkan oleh Presiden,”jelasnya.

Selama ini, kata pria yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Pacitan itu, setiap dua minggu ada kapal besar yang lewat di laut Pacitan. “Namun tidak bisa singgah karena pelabuhan kita belum siap,”tandasnya.

Mbogo mengatakan, dalam proyek ini pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan.

“Pemerintah Kabupaten Pacitan telah menyiapkan lahan sekitar 10 hektare, yang berlokasi di sebelah timur Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pacitan, lahan sudah siap dan akan kita kebut pembangunannya,”paparnya.

Dengan adanya pelabuhan niaga tersebut, Mbogo meyakini akan mendongkrak kemajuan pembangunan Pacitan.

“Sebab, selama ini, sumber daya mineral di Pacitan tidak dapat diolah dan dimanfaatkan karena terkendala masalah distribusi atau pengiriman,”ujar dia.

Selain itu, ujar dia, dengan adanya pelabuhan niaga akan mendorong investor mendirikan pabrik di Pacitan sehingga akan banyak menyerap banyak tenaga kerja dan akan mengikis pengangguran.

“Ini akan menunjang kemajuan perekonomian. Pembangunan Pelabuhan Niaga akan kita maksimalkan jika Mbois menang dalam Pilbup Pacitan 2020,”pungkasnya.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.