Disparpora Berencana Ikuti Pacitan Journey Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Masa AKB

oleh -1396 views
Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan berencana akan menggelar sejumlah event untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di Pacitan pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Diantara event tersebut adalah Pacitan Journey.

“Setelah pembukaan ini kita mengikuti beberapa event satu kita ada pameran di beberapa titik, untuk publikasi, tidak hanya destinasi kita tapi destinasi berbasis adaptasi kebiasaan baru yaitu Pacitan bisa (bersih indah sehat aman), Kita ikut di beberapa event rencananya,“kata Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra, usai pemberian sertifikat AKB untuk 13 destinasi wisata di Pacitan, Jumat kemarin.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Andi ini mengatakan pihaknya juga akan menggelar Pacitan journey, seperti yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalu.

“Yang kedua kita ikut Pacitan ke yang berkaitan dengan journey, Pacitan journey ini mengundangtravel agent dari beberapa kota yang cukup banyak sasaran kita seperti tahun 2019. Kita lakukan, kita mau bikin seperti itu,”ujar Andi.

Namun demikian, Andi juga mengingatkan agara para pengelola destinasi wisata di Pacitan tidak hanya mengejar jumlah kunjungan. Tetapi dalam konteks meningkat dan berkualitas, serta tetap menerapkan standart protokol kesehatan.

Sejak awal simulasi hingga memasuki tahap uji coba, Andi menuturkan mayoritas pengunjung di destinasi wisata di Pacitan sudah ikut menerapkan standarisasi kesehatan.

“Hampir 70 persen wisatawan ikut standarisasi kesehatan, cukup tinggi, 1 bulan itu luar biasa, kita banyak menolak (wisatawan), dengan cara yang bagus, yakni mengingatkan,”pungkasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Disparpora Pacitan, angka kunjungan wisatawan di enam obyek wisata selama masa simulasi hingga uji coba di Pacitan menunjukkan grafik peningkatan.

Dimana untuk Pantai Pancer Dorr angka kunjungan mencapai 6.271 wisatawan. Kemudian Pantai Pidakan mencapai 5.408 wisatawan, Pantai Soge mencapai 5.102 wisatawan, Pantai Watukarung mencapai 4.085 wisatawan dan Pantai Watu Bale menyentuh angka 690 wisatawan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Pemerintah Kabupaten Pacitan telah memberikan rekomendasi pembukaan AKB untuk 13 destinasi wisata di Kabupaten Pacitan telah mendapat sertifikasi dari pemerintah. Dari 13 tersebut, tujuh diantaranya telah mengantongi sertifikasi masa simulasi dan sisanya sudah naik menjadi tahap ujicoba.

Tujuh destinasi wisata yang mengantongi sertifikat uji coba pada Jumat (28/8/2020) ini adalah Pantai Soge di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, Pantai Pidakan dan Pantai Watu Bale di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Pantai Watukarung di Desa Watukarung kecamatan Pringkuku, Pantai Klayar di Desa Sendang Kecamatan Donorojo dan Pantai Pancer Dorr di Keluraha Ploso, Kecamatan Pacitan.

Sebelumnya, dua obyek wisata di Pacitan lainnya telah mengantongi sertifikat ujicoba, yakni pantai Teleng Ria di Kelurahan Sidoharjo Pacitan dan Beiji Park di Desa Dadapan kecamatan Pringkuku.

Pemberian sertifikat uji coba kali ini dilaksanakan di obyek wisata Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku.

Selain pemberian sertifikat uji coba, Pemkab juga memberikan sertifikat rekomendasi fase simulasi untuk tujuh obyek wisata. Adapun 7 obyek wisata yang mengantongi fase rekomendasi itu adalah Pantai Banyu Tibo dan Pantai Buyutan di Desa Widoro kecamatan Donorojo, kemudian Pantai Srau di Desa Candi Kecamatan Pringkuku, Sungai Maron di Desa Dersono kecamatan Pringkuku, Pantai Ngiroboyo di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Sentono Gentong di Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku dan Pantai Taman di Desa Hadiwarno kecamatan Ngadirojo.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Sertifikat AKB untuk 13 Obyek Wisata di Pacitan Diserahkan, Pantai Klayar Dibuka untuk Umum