KPI: Media Berperan Penting Edukasi Masyarakat Tentang Pilkada

oleh -13121 views

Pacitanku.com, PACITAN — Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Nuning Rodiyah mengatakan media memiliki peranan penting dalam upaya mengedukasi dan mendidik masyarakat tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

“Peran media kedepan ya bagaimana salah satunya pendidikan, baik dengan calon bupati ya boleh, yang penting berimbang dan akuntabel,”kata Nuning saat menjadi narasumber dlam kegiatan bimbingan teknis media jelang Pilkada serentak yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan pada Jumat (21/8/2020) Sea View Teleng Ria, Pacitan.

Menurut Nuning, media apapun hari ini adalah porsi aman bagi calon untuk mengkampanyekan dirinya.

“Otimisme kedepan, masyarakat sudah mulai bergeser dan kepercayaan media mainstream sangat tinggi,”ujar dia.

Berkaitan penyiaran di era masa kebiasaan baru, Nuning menyebut saat ini masyarakat melihat televisi mengalami kenaikan. Artinya, kata dia, akses untuk menerima informasi lebih panjang.

“Pun media cetak juga lebih panjang, karena waktu dirumah lebih panjang,”tandasnya.

Sehingga, Nuning mengatakan boleh bagi media untuk mengundang kepada para calon yang akan berkompetisi.

“Misal membuat rubrik dengan mengundang semua calon dan tidak harus sama waktunya atau bergantian, program-program lain dapat berupa talkshow dan pemberitaan, iklan kampanye sepanjang masa kampanye,”pungkasnya.

Sementara,Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini mengapresiasi diselenggarakannya bimtek tersebut, karena berkaitan dengan persiapan jelang kampanye dalam tahapan Pilbup Pacitan.

“Alhamdulillah acara bimtek dapat dilaksanakan dengan baik, kita akan berbicara tentang persiapan kampanye dan porsi dan tugas yang berkaitan dengan sosialisasi dan lain-lain,”kata Rini.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan