Peringati HUT ke-75 RI, TNI-Polri Kibarkan Bendera Raksasa di Bukit Sentono Genthong

oleh -13171 views
Pengibaran bendera merah putih ukuran 18 X 27 meter di Bukit Sentono Genthong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku Pacitan Ahad (16/8/2020). (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 0801/Pacitan, Kepolisian Resor Pacitan, pelajar, mahasiswa, Ormas, dan OPD terkait, mengibarkan bendera merah putih raksasa.

Kegiatan tersebut digelar sehari sebelum puncak peringatan HUT ke-75 RI pada Ahad (16/8/2020) di bukit Sentono Gentong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku Pacitan.

Pengibaran bendera merah putih ukuran 18 x 27 meter ini adalah simbol dari semangat rakyat Pacitan untuk tetap berkarya dan berjuang maju ditengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) di dunia yang saat ini sedang berlangsung.

Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi di bukit Sentono Genthong, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku Pacitan. (Foto: Julian Tondo)

“Saya sangat bangga, pagi ini kita semua telah buktikan bahwa kita masih tetap semangat, tetap berjuang mengisi kemerdekaan dengan penuh gembira. Walaupun saat ini pandemi masih ada, namun kita tetap bisa bersama untuk maju,”kata Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi.

Cuaca mendung disertai gerimis kecil, seolah tak membuat gentar seluruh Peserta upacara, bahkan pasukan pengibar bendera dari BPBD Pacitan dengan gagah berani turuni tebing curam sentono Genthong dengan membawa simbol negara Indonesia merah putih.

“Mari kita jaga keutuhan negara kita, kita jaga dengan baik agar jasa para pejuang kita tidak menjadi sia sia. Mereka dulu berjuang tumpah darah untuk kemerdekaan, dan sekarang kita berjuang mengisinya dengan berkarya dan berkerasi untuk kemajuan negeri,”ungkap kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, saat sambutan Pengibaran bendera merah putih.

Peringatan hari kemerdekaan RI ke-75 tahun ini, cukup berbeda, upacara detik-detik proklamasi yang biasa diadakan di Pendopo Kabupaten Pacitan ditiadakan. Upacara bendera nanti hanya dilakukan oleh perwakilan dari pemerintah daerah kabupaten Pacitan, TNI dan Polri.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan