Kasatlantas Polres Pacitan: 40 Persen Masyarakat Belum Tertib Surat-surat Berkendara

oleh -13288 views
PAKAI MASKER. Operasi Patuh Semeru Polisi di Pacitan. (Foto: Humas Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Operasi patuh 2020 digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia , tidak terkecuali di Kepolisian Resor (Polres) Pacitan dengan sandi Operasi Patuh Semeru 2020. Razia kendaraan yang dimulai sejak Kamis (23/7/2020) berlangsung selama 14 hari dan berakhir pada Rabu (5/8/2020).

Kepala Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) AKP Budi Setyono, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, Sabtu (1/8/2020) di Pacitan mengatakan Operasi Patuh Semeru 2020 ini sasarannya adalah pelanggaran lalu lintas yang bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Ada tujuh poin prioritas penindakan yaitu, tidak menggunakan helm, melawan arus, bermain Handphone, safety belt, mabuk dalam berkendara, berboncengan lebih dari satu, dan juga kelengkapan pembawaan surat-surat kendaraan seperti SIM,”kata Budi.

Di samping itu, Operasi Patuh Semeru ini juga untuk mencegah penularan virus Corona di wilayah Pacitan. Maka dari itu, setiap pengendara kendaraan bermotor pun diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas.

Salah satunya adalah dengan menggunakan masker dan menghindari kerumunan pada suatu tempat.

“Masker juga dalam operasi patuh semeru ini masuk dalam himbauan, tentunya jika tak memakai masker, ada sanksi sosial seperti menyanyi, kerja bakti dan sebagainya,”ujarnya.

Disisi lain, Budi juga sangat mengapresiasi ketertiban masyarakat Pacitan, namun diperlukan adanya peningkatan kesadaran betkendara agar ketertiban dapat menjadi baik.

“Tingkat ketertiban masyarakat setelah adanya physical distancing di traffic light. Tapi kalau untuk surat-surat kendaraan masih ada 40 persen yang belum tertib. Padahal kita melaksanakan operasi ini ya guna menertibkan sekaligus sosialisasi,”kata Budi.

Budi berharap masyarakat Pacitan dapat membawa kelengkapan surat berkendara apabila sedang mengendarai kendaraan.

“Saat ini sedang dilaksanakan operasi patuh, mohon kalau sedang keluar dan membawa kendaraan mohon membawa surat-surat. Sampaikan juga kepada tetangga maupun saudara lainnya,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan