Kondisi Sejumlah Tower Milik OPD Pemkab Pacitan Memprihatinkan

oleh -13176 views
Tower mini milik OPD Pemkab memprihatinkan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Beberapa tower mini milik sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Lingkup Pemkab Pacitan, kondisinya sangat mengkhawatirkan. Pantauan media di lapangan menyebutkan, besi penyangga menara banyak yang karatan dan beberapa tali pancangnya (spander) putus.

Namun begitu, keberadaan tower-tower tersebut terkesan dibiarkan tanpa ada upaya perbaikan. Sementara tower-tower tersebut berdiri di halaman kantor yang berdekatan dengan pemukiman penduduk.

Seperti misalnya tower yang berada di Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Petanahan. Di tiga lokasi itu, kondisi tower triangle yang dimanfaatkan sebagai transformers aplikasi sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (SIPKD), banyak yang karatan dan putus tali pancangnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pacitan, Rachmad Dwiyanto menegaskan, kalau bicara soal struktur bangunan, itu bukan tugas pokok dan fungsi OPD yang dipimpinnya. “Kalau soal struktur, itu bukan kewenangan Dinas Komunikasi dan Informatika,” katanya, Kamis (23/7/2020).

Namun begitu, sejak lama Rachmad berwacana agar menara-menara tersebut untuk diturunkan dan diganti dengan digital sistem.

“Saat ini masih dalam tahap kajian. Saya berharap tidak bada lagi tower, namun kita ganti dengan digital sistem. Nah, bisa ataukah tidak masih kita kaji,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan