Selamat, Perpusdes Maju Lancar Bandar Juara III Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi

oleh -13158 views
Kegiatan literasi di Perpusdes Maju Lancar Bandar, Pacitan. (Foto: Dokumentasi Perpusdes Maju Lancar)

Pacitanku.com, PACITAN – Perpustakaan desa (Perpusdes) “Maju Lancar” Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan meraih prestasi membanggakan. Perpusdes yang aktif berkegiatan tersebut sukses meraih juara III lomba Perpustakaan Desa dan Kelurahan se Jatim tahun 2020 ini.

Perpusdes Maju Lancar ini hanya kalah dari perpustakaan “Lentera Desa” Desa Buluagung Kecamatan Karangan Trenggalek di peringkat 1 dan perpustakaan “Sumber Ilmu” Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumberuko Lumajang di peringkat 2.

Perpusdes “Maju Lancar” berhsil mengungguli sejumlah Perpusdes lainnya, diantaranya perpustakaan “Yamuyasi” Desa Kedung Sumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo yang meraih juara harapan 1, II perpustakaan “Tunas Bangsa” Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar juara harapan 2 dan perpustakaan Desa Manuk Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo yang menjadi juara harapan III.

Lalu apa yang menjadikan Perpusdes ini meraih juara III? Ketua Perpusdes Maju Lancar, Anita Bidaryati, saat dihubungi Pacitanku.com, baru-baru ini mengatakan Perpusdes Maju Lancar dikelola oleh pengurus dengan dedikasi tinggi, sehingga ada banyak kegiatan dilakukan sejak 2016 lalu.

Perpusdes Maju Lancar Bandar, Pacitan. (Foto: Dokumentasi Perpusdes Maju Lancar)

“Perpusdes kami juga menjadi salah satu perpusdes di Pacitan yg dibina oleh perpusda dalam program perpustakaan bertransformasi TIK. Pernghargaan yg diperoleh adalah menjadi juara 2 perpustakaan terbaik Kabupaten Pacitan 2018, dan Desember 2019 dinobatkan sebagai salah satu dari 3 Perpustakaan terbaik dalam bertransformasi menjadi Pusat Belajar Masyarakat berbasis TIK di Kabupaten Pacitan,”kata Anita.

Menurut Anita, kekuatan utama Perpusdes Maju Lancar Desa Bandar, adalah banyaknya kegiatan dan kerja sama yang dilakukan.

“Meski disebut oleh juri sebagai Perpusdes dengan anggaran terkecil di visitasi lomba kemarin, kami aktif sekali dalam berkegiatan, terutama yang melibatkan banyak masyarakat,”ujarnya.

Saat ini, Perpusdes Maju Lancar, memiliki sejumlah layanan utama seperti koleksi buku, koneksi internet hingga ruangan yg dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat.

Kedepan, kata Anita, Perpusdes Maju Lancar akan terus berkegiatan untuk membangun masyarakat. Anita juga mengatakan pada tahun 2020 ini sebenarnya ada sejumlah program kerja, namun terpaksa ditunda dulu karena adanya pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Sebenernya ada atau tidak ada lomba kami akan tetap berkegiatan, karena memang tujuan kami menggerakkan perpusdes ini adalah untuk membangun masyarakat di desa kami. Dan sebenernya tahun 2020 ini sudah ada program kerja, terutama untuk pemuda. Ada rencana workshop hingga camp literasi, tapi terpaksa dialihkan untuk kegiatan pencegahan COVID-19 dan kegiatan pendukung lainnya,”jelas Anita.

Ke depannya, Anita juga berkeinginan, melalui perantara Perpusdes tersebut, para pemuda Desa Bandar bisa berkarya dan berdaya dalam memaksimalkan potensi desa, tanpa harus kerja keluar kota.

Pengurus Perpusdes Maju Lancar Bandar, Pacitan. (Foto: Dokumentasi Perpusdes Maju Lancar)

Secara khusus, Anita mengatakan pihaknya mengaku menumbuhkan minat baca masyarakat bukan hal yang mudah. Sehingga, saat ini yang menjadi minat fokus dari Perpusdes Maju Lancar, Bandar adalah mengarahkan anak-anak.

“Jujur saja, kalau menumbuhkan minat baca itu tidak mudah. Untuk minat baca fokus kami terutama untuk anak-anak karena curiousity mereka masih tinggi sekali, jadi lebih mudah diarahkan. Sedangkan untuk remaja dan seterusnya, kami dekatkan lewat kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat. Dengan seminar dan pelatihan misalnya,”pungkasnya.

Pewarta: Dwi Purnawan