Jika Aji Dapat Rekom Maju di Pilbup, Pujo Setyo Hadi Berpeluang Jadi Ketua DPRD Pacitan

oleh -13369 views
DPRD Kabupaten Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Beragam spekulasi mulai menguar dibalik pelaksanaan tahapan Pilbup serentak di Pacitan. Salah satunya, kemungkinan adanya pergantian pucuk pimpinan alat kelengkapan di DPRD. Baik itu Pimpinan DPRD ataupun Ketua Fraksi.

Sekedar informasi, bahwa saat ini ada tiga anggota DPRD Pacitan yang berencana maju sebagai calon kepala daerah. Dua diantaranya adalah dari Fraksi Partai Demokrat. Yaitu Indrata Nur Bayuaji yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD dan Ronny Wahyono, yang masih menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat.

Selain itu, Gagarin, yang juga duduk sebagai Wakil Ketua DPRD. Hanya saja, Gagarin berangkat dari Fraksi Partai Golkar.

Seandainya Indrata Nur Bayuaji, benar lolos mendapat rekomendasi pencalonan, tentu kursi Ketua DPRD akan kosong. Merunut kabar yang diterima awak media, Pujo Setyo Hadi, Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat, yang dikabarkan berpeluang besar untuk duduk sebagai Ketua Dewan mengganti posisi Indrata Nur Bayuaji.

“Kalau hanya Mas Aji (Indrata Nur Bayuaji) yang dapat rekomendasi, tentu peluang kekosongan alat kelengkapan hanya satu, yaitu kursi Ketua DPRD. Tapi kalau Mas Ronny Wahyono juga sama-sama dapat rekomendasi, akan ada dua kekosongan kursi alat kelengkapan, yaitu Ketua Fraksi Partai Demokrat,” ujar Pujo Setyo Hadi, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (4/7/2020).

Terkait dirinya yang banyak disebut-sebut paling berpeluang mendapatkan kesempatan duduk sebagai Ketua DPRD, Pujo mengatakan, saat penjaringan calon Ketua DPRD lalu, ia bersama empat rekan sejawatnya di Fraksi Demokrat, memang masuk usulan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat sebagai calon ketua dewan.

Pujo Setyo Hadi Demokrat. (Foto: Istimewa)

Empat rivalnya kala itu, Indrata Nur Bayuaji, Suprihati Winarcahyani, Ronny Wahyono dan Anung Dwi Ristanto.

“Kebetulan keputusan dari DPP, Mas Aji yang ditunjuk sebagai ketua. Sehingga saat ini masih menyisakan empat calon. Selain saya sendiri, masih ada Mas Ronny, Bu Suprihati, dan Mas Anung. Nah, kalau nanti misalnya Mas Aji atau Mas Ronny, atau bahkan dua-duanya mendapat rekomendasi pencalonan di Pilbup, tentu akan ada dua kursi alat kelengkapan yang kosong. Soal siapa yang akan mengganti posisi keduanya, saya serahkan sepenuhnya pada mekanisme partai. Dan DPP yang paling menentukan,” jelas Pujo.

Pujo menegaskan, tak mau berandai-andai. Meski dirinya memang banyak disebut-sebut paling berpeluang mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD, kalau seandainya Indrata Nur Bayuaji, lolos mendapat rekomendasi pencalonan dari DPP Partai Demokrat.

“Saya serahkan sama mekanisme partai. Kalau memang karpet itu digelar oleh malaikat untuk saya, ya tentu akan saya lewati menuju kursi Ketua DPRD, Insyaallah,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan