63 Calon Mahasantri Ma’had Aly At-Tarmasi Ikuti Ujian Seleksi Online

oleh -13226 views
Suasana ujian online seleksi di Mahad Aly Attarmasi. (Foto: Dok Mahad Aly untuk Pacitanku.com)

Pacitanku.com, ARJOSARI – Sebanyak 63 calon mahasantri baru Ma’had Aly At-Tarmasi Pondok Tremas Pacitan pada Sabtu (27/6/2020) mengikuti ujian seleksi yang dilaksanakan secara online.

Panitia penerimaan mahasantri baru Zanuar Mubin dalam keterangan tertulis yang diterima Pacitanku.com mengatakan ujian seleksi secara online ini dikarenakan adanya pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Sebanyak 63 calon Mahasantri baru yang mengikuti ujian seleksi pada hari ini, berasal dari berbagai wilayah di Indonesia,”kata Zanuar.

Lebih lanjut, Zanuar mengatakan pada ujian Ma’had Aly pada tahun, para calon Mahasantri diharuskan memiliki bekal kemampuan membaca dan memahami kitab kuning.

“Kitab gundul yang tidak ada tanda bacanya itu, setidaknya penguasaan terhadap kitab Fathul Qorib, dan kemampuan membaca al-Quran dengan benar,”katanya.

Menurut Zanuar, Ma’had Aly ini memiliki kurikulum yang berbeda dan juga banyak sekali yang berbeda dari Perguruan Tinggi lainya.

“Ini memang karena Ma’had Aly merupakan Perguruan Tinggi yang menjadi tempat kaderisasi Ulama’. Tentunya, untuk menjadi Ulama’ belajarnya harus sungguh-sungguh dan mereka yang masuk Ma’had Aly ini adalah para alumni-alumni Pesantren yang ingin lebih mendalami lagi keilmuannya,”imbuhnya.

Tiga orang penguji seleksi penerimaan mahasantri baru Ma’had Aly at-Tarmasi Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan kali ini  adalah Muhadir (dosen) Ma’had Aly at-Tarmasi Alumni Timur Tengah, Alumni S2 UIN Malang dan yang satunya lagi adalah kandidat doktor di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.

Editor: Dwi Purnawan