Pemkab Pacitan Belum Terima Petunjuk Soal Adendum NPHD Penyelenggaraan Pilbup

oleh -13175 views
Heru Wiwoho Sekda Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemkab Pacitan, hingga detik ini belum memberikan skenario pemberian hibah, utamanya untuk pengadaan alat pelindung diri (APD), saat tahapan pelaksanaan Pilbup serentak berlangsung.

Diperoleh informasi, Mendagri, Tito Karnavian, dalam beberapa pemberitaan media nasional menegaskan, agar masing-masing daerah segera melakukan adendum atas nota perjanjian hibah daerah (NPHD) yang sebelumnya telah disepakati dengan KPU maupun Bawaslu.

Lain itu, Mendagri juga menyampaikan agar hibah APD dilaksanakan oleh masing-masing pemkab, agar penyelenggara Pilbup serentak bisa berjalan sesuai protokol kesehatan. Sehingga tidak akan muncul klaster baru dibalik penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Menyikapi kabar tersebut, Sekertaris Kabupaten Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro mengatakan, sejauh ini belum ada petunjuk teknis terkait adendum NPHD penyelenggaraan Pilbup. Begitupun soal pengadaan APD. Apakah diselenggarakan Bawaslu dan KPU, atau pemkab yang hendak mengadakan, sejauh ini belum ada kejelasan.

Meski, menurut Sekkab Heru, karena KPU dan Bawaslu yang melakukan perencanaan, tentu merekalah yang lebih berkompeten melaksanakan kegiatan pengadaan. “Hibah tersebut, kan bisa dalam bentuk barang ataupun uang,” tegasnya.

Penulis: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan