Kemenag Pacitan Terbitkan Edaran Panduan Sholat Idul Fitri Ditengah Pandemi

oleh -13293 views
Masjid Bagian Luar (Dok.Pacitanku)
Masjid Bagian Luar (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan menerbitkan edaran panduan pelaksanaan sholat Idul Fitri tahun 2020 yang saat ini bersamaan dengan adanya wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Surat edaran yang bernomor : B. 1524/kk.13.01/3/BA.02.3/5/2020 tersebut ditandatangani oleh Kepala Kemenag Pacitan M Nurul Huda.

Saat dihubungi Pacitanku.com, Sabtu (23/5/2020), Kepala Kantor Kemenag Pacitan M Nurul Huda mengatakan menerbitkan edaran tersebut untuk mempertimbangkan pelaksanaan sholat Idul Fitri.

“Saya Atas Nama Kantor Kemenag Pacitan, Berkaitan dengan panduan amaliyah Idul Fitri  1 syawal 1441 H, ditengah pandemi Covid-19 ini agar dapatnya masyarakat dapat mempertimbangkan pelaksaan Sholat Idul Fitri,”kata pria yang akrab disapa Huda ini.

Huda lantas menerangkan, jika di suatu wilayah dirasa aman, pihaknya mempersilahkan melaksanakan sholat Idul Fitri di masjid.

“Mana kala di disitu (wilayah masyarakat) di rasa aman maka di persilahkan sholat idul fitri di masjid maupun di tanah lapang dengan tetap menggunakan protokol kesehatan,”tukasnya.

Namun, mana jika dirasa di daerah tersebut tidak aman maka di himbau untuk melaksanakan sholat Idul Fitri dirumah masing-masing bersama keluarga itu akan lebih baik.

“Sholat Idul Fitri itu sunnah, namun menjaga dari musibah itu hukumnya wajib maka lebih baik mendahulukan yang wajib baru melaksanakan yang sunnah,”kata Huda.

Dalam kesempatan itu, Huda juga menyampaikan permohonan maaf sebagai bagian dari ucapan hari raya Idul Fitri.

“Terakhir saya pribadi atas nama kepala kantor kementrian agama kabupaten Pacitan mengaturkan “Ja’anallohu minal aidzin wal Faidzin, kulu a’min wa antum bi khoirin, Taqobballohu Minna Waminkum Taqobbal Yaa Karim, Mohon maaf yang sebesar-besarnya,”pungkasnya.

Berikut lampiran edaran surat kemenag Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan