Empat Pasien Positif Corona di Pacitan Klaster Temboro Sudah Berada di Wisma Atlet

oleh -145 views
Trihariadi Hendra Purwaka, Plt Kadinkes Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Empat pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang baru diumumkan Bupati Pacitan Indartato, pada Jumat (23/5/2020) malam kemarin, kesemuanya sudah melaksanakan isolasi di wisma atlet.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan, satu dari empat pasien positif covid-19 tersebut, sudah sejak lama menempati wisma atlet di lantai dua. Sebab saat dilakukan rapid diagnostic test (RDT) hasilnya reaktif.

“Pasien tersebut berasal dari klaster Temboro, beralamatkan di Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan. Jadi kami ralat, bukan Desa Pakis Baru,” ujarnya, Sabtu (23/5/2020).

Saat ini pasien tersebut sudah dipindahkan ke lantai tiga bersama pasien positif covid-19 lainnya. Sementara tiga pasien positif COVID-19 lainnya, yakni dua dari Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung, yang masih ibu dan anak,  serta satu dari Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku, sudah menyusul menuju wisma atlet.

“Jadi begitu mendapat informasi sekitar pukul 15.00 WIB, semua kepala puskesmas langsung bergerak cepat melakukan penjemputan. Sejak kemarin malam, sampai pagi ini hari, semua pasien positif COVID-19 yang baru, sudah berada di wisma atlet,” jelasnya.

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, awalnya, semua pasien yang melakukan karantina di wisma atlet, berada di lantai dua. Saat ini sudah dipisahkan.

“Yang COVID-19 conform ada di lantai tiga. Dan lantai dua khusus untuk pasien lainnya. Bagi yang dalam pengawasan ataupun orang tanpa gejala,” tandas dokter yang pernah kuliah di salah satu universitas di United State of American (USA) ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan