DPRD Pacitan Dukung Langkah Polisi Lakukan Penyelidikan di PT GLI

oleh -273 views
Lokasi penambangan PT GLI di Desa Kluwih, Kecamatan Tulakan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota DPRD Pacitan dari Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan, Handaya Aji, mendorong pihak Kepolisian untuk mengusut tuntas persoalan yang tengah berlangsung di PT Gemah Limpah Internusa (GLI).

Menurut Yoyok, begitu politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini karib disapa, tewasnya satu pekerja di perusahaan tambang yang berkantor pusat di China tersebut, bisa menjadi pintu masuk bagi penyidik untuk menguak dugaan-dugaan pelanggaran hukum yang selama ini tak pernah ada jluntrungnya.

Baca juga: Tertimpa Dinding Batu, Seorang Pekerja PT GLI Tulakan Meninggal Dunia

Lain itu, Yoyok juga kembali membuka catatan lama terkait dampak pencemaran yang terjadi terhadap aliran air sungai Grindulu.

“Selain melakukan aktivitas penambangan di Desa Kluwih, pihak GLI juga melakukan kegiatan pemurnian bahan tambang di Dusun Pajaran, Desa Arjosari, Kecamatan Arjosari. Kebetulan lokasinya berdekatan dengan sungai Grindulu,” jelasnya, Senin (11/5/2020).

Dulu kala, ia bersama anggota Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) sempat melakukan investigasi terhadap kegiatan pemurnian bahan tambang tersebut.

“Dugaan yang mengarah pada pencemaran air sungai sangat kuat. Sebab aktivitas pemurnian itu menggunakan bahan kimiawi yang sangat membahayakan seandainya larut dalam air. Apalagi stockpile limbah sangat berdekatan dengan aliran air sungai,”bebernya.

Disisi lain, Yoyok juga mengungkapkan, bahwa selama ini aliran sungai Grindulu dijadikan bahan baku air bersih oleh PDAM Pacitan.

“Kalau benar ada pencemaran, tentu kandungan logam berat yang larut di air sungai bisa membahayakan bagi kehidupan masyarakat. Terlebih air sungai itu oleh PDAM dijadikan bahan baku air bersih,” tandasnya.

Seperti yang pernah diberitakan, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, menegaskan, kalau penyidik akan melakukan pengembangan dan pendalaman.

Hanya saja saat ini polisi masih terkonsentrasi untuk menyelidiki kasus tewasnya satu pekerja.

Baca juga: Polisi Duga Tewasnya Satu Pekerja PT GLI Pacitan Murni Kecelakaan Kerja

Soal dugaan adanya pencemaran air sungai Grindulu di Dusun Pajaran, Desa Arjosari, Kapolres menegaskan, itu soal teknis yang juga akan menjadi bahan pendalaman penyelidikan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan