Semua Kegiatan Stagnasi, Hanya Kegiatan BOS dan Afirmasi yang Masih Berjalan

oleh -13424 views

Pacitanku.com, PACITAN– Ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19), hampir semua kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD) harus stagnasi. Hanya beberapa kegiatan seperti administrasi perkantoran dan belanja gaji aparatur yang masih berjalan.

Hal senada juga berlangsung di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan. Menurut Kepala Dinas Pendidikan setempat, Daryono, hampir seluruh kegiatan OPD memang harus dihentikan.

“Hanya belanja gaji dan kegiatan administrasi perkantoran yang masih terus berjalan,” ujarnya, Sabtu (9/5/2020).

Namun begitu, lanjut dia, untuk kegiatan yang bersumber dari bantuan operasional sekolah (BOS) dana alokasi khusus (DAK), masih tetap berjalan sering wabah coronavirus ini. Begitupun dengan anggaran afirmasi.

“Dinas itu hanya berfungsi dari sisi administrasi dan verifikasi. Sepenuhnya pihak sekolah yang melaksanakan,” jelasnya.

Sekedar informasi bahwa BOS afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal, sangat tertinggal di kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan