Kajari Pacitan Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak COVID-19

oleh -13260 views
Noer Adi saat menyalurkan sembako untuk warga terdampak COVID-19. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, NGADIROJO– Badai coronavirus disease 2019 (COVID-19) masih terus berlangsung. Untuk itu, sebagai bentuk kepeduliannya kepada masyarakat terdampak penyakit mematikan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Pacitan, Noer Adi, memberikan sumbangsih bantuan kepada masyarakat kurang beruntung. Kegiatan tersebut bertajuk “Kejaksaan RI Peduli COVID-19.”

Pemberian bantuan berupa 100 paket sembako tersebut dipusatkan di dua desa yang ada di Kecamatan Ngadirojo. Yaitu Desa Wonodadi Kulon dan Tanjung Lor. Sebab di dua desa tersebut, jumlah penduduk miskinnya terbilang paling banyak diantara 16 desa lainnya.

Selain menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan warga di balai desa, orang nomor satu di Korps Adhyaksa Kabupaten Pacitan tersebut, juga berkenan door to door menyambangi sejumlah warga miskin terdampak COVID-19.

Dalam sambutannya, Kajari Pacitan, Noer Adi, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran warga masyarakat pada kegiatan tersebut. “Kami disambut dengan baik oleh masyarakat, dan juga unsur forkopimca,” ujarnya, Selasa (5/5/2020)

Kajari menyampaikan rasa empati yang begitu dalam, atas wabah covid-19 tersebut. Menurut Kajari, sebenarnya virus SARS-CoV-2 hampir mirip dengan influenza. Namun virus ini sudah mengalami metamorfosis sehingga penularannya sangat cepat. 

“Masyarakat diharapkan tetap tinggal dirumah, jaga kebersihan, hindari bersentuhan. Saya berharap di Desa Wonodadi Kulon, tidak ada masyarakat yang terpapar,” harapnya.

Lebih lanjut Kajari Noer Adi menggungkapkan, kegiatan bakti sosial kali ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terdapak COVID-19.

“Ini kami berikan secara tulus. Semoga bisa meringankan beban masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga instruksi dari atasan, baik di jajaran Kejaksaan RI, dan Kejaksaan Tinggi. Hari ini semua jajaran Kejaksaan diseluruh Indonesia melaksanakan kegiatan secara serentak.

“Mohon jangan dilihat nilainya, namun ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat,” jelas Kajari.

Sementara itu, Camat Ngadirojo, Monirul  Ichwan berharap semoga Kabupaten Pacitan semakin baik dan sejahtera sekalipun diterpa wabah covid-19. Menurut Irul, begitu camat muda ini akrab disapa, secara geografis Desa Wonodadi Kulon terbilang paling sulit. Dan dari data ekonomi, banyak warga miskin di desa tersebut. “Acara ini sangat sederhana tapi syarat makna,” tutur Irul.

Pada kesempatan tersebut, Kajari Noer Adi secara simbolis menyerahkan 10 paket sembako. Jumlah yang diberikan di desa tersebut sebanyak 50 paket.

Hadir pada di acara tersebut, Sekcam Ngadirojo, Pandu Kemal Pratikno, Kapolsek Ngadirojo, AKP Nursalim, Danramil Ngadirojo, Kapten (inf) Bambang Yulianto dan Kades Wonodadi Kulon, Misto serta para kasie di Kejaksaan Negeri Pacitan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan