Didi Kempot Berpulang, Turut Berjasa Promosikan Wisata Pacitan dengan Lagu ‘Pantai Klayar’

oleh -13854 views
Artis Didi Kempot menghibur waga Pacitan di hari jadi Pacitan. (Foto: Doc Info Pacitan)
Artis Didi Kempot menghibur waga Pacitan di hari jadi Pacitan tahun 2016 lalu. (Foto: Doc Info Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN  – Penyanyi campur sari Didi Kempot meninggal dunia pada usia 53 tahun pada Selasa (5/5/2020) pagi pukul 07.45 WIB, sekitar 20 menit setelah tiba di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

Didi Kempot wafat pada usia 53 tahun. Penyanyi yang dijuluki The Godfather of Broken Heart itu dikenal dengan lagu-lagu bertemakan patah hati.

Nama Didi Kempot kembali mencuat dalam beberapa tahun terakhir terutama di kalangan anak muda. Sederet konser pun telah dilakukan oleh Didi Kempot dengan penonton anak muda.

Didi Kempot yang sempat populer sekitar tahun 2000 dan kembali naik daun setelah kelompok pemuda yang menamakan diri sebagai Sobat Ambyar menggaungkan namanya sebagai “The Father of Broken Heart”. Beberapa lagu karyanya yang terkenal di antaranya Sewu Kutho, Stasiun Balapan, Ambyar, dan Tatu.

Didi Kempot juga berencana menggelar konser Akbar di Stadion Gelora Bung Karno pada 14 November 2020 mendatang. Namun konser tersebut urung dilaksanakan setelah sang legenda menghembuskan nafas terakhirnya.

Dalam perjalanan kariernya, Didi Kempot sendiri pernah turut mempromosikan wisata Pacitan. Pada tahun 2015 lalu, Didi membuat lagu berjudul Pantai Klayar.

Didi Kempot bersama Bupati dan Kepala Disbudparpora di sela syuting klip Pantai Klayar. (Foto: Wasi Prayitno)

Saat itu, usai bertemu dengan Indartato, Didi menyampaikan keinginannya untuk membuat lagu dan clip tentang Pantai Klayar. Gayung pun bersambut, Indartato menerima maksud baik Didi Kempot.

Lagu dengan durasi lima menit ini menceritakan kisah cinta seorang pria dan pasangannya, juga dengan latar pantai Klayar. Kisah yang dinyanyikan dengan sangat apik oleh adik dari almarhum Mamik Prakoso ini bertema tentang kerinduan dan kenangan yang pernah ada di Pantai Klayar.

Selain dari nilai seni, lagu Pantai Klayar ini, turut menjadi promosi wisata bagi Pacitan. Apalagi dalam proses syutingnya, Didi Kempot didukung oleh Pemkab, dan bahkan tak tanggung-tanggung, Bupati Pacitan Indartato dan Kepala Disbudparpora saat itu, Wasi Prayitno turut serta dalam proses syuting video clip ini.

Lirik Lagu Pantai Klayar

Vocal dan ciptaan Didi Kempot

Tulung sawangen, sawangen aku..
Sing nandang rindu..
Oh, tulung muliho senadjan sedelo..
Aku wis lilo..
Samar… ati iki samar..

Yen nganti kowe lali, janjimu ning pantai Klayar
Samar.. ati iki samar..
Yen nganti kowe tego, ninggal aku ganti pacar
hooouoooo….

Sedelo wae aku ora biso..
Adoh koe ning ngopo ninggalke lungo..
Setitip netro aku ora lilo..

Yen kwe nganti gandeng karo wong liyo..
Birune segoro kutha Pacitan..

Nyimpen janjimu seprene ra biso ilang..
Birune segoro kuta Pacitan..

Pantai Klayar sing nyimpen sewu kenangan..
hooouoooo….
hooouoooo….