Jika Masih Zona Hijau, tak Perlu Karantina Wilayah

oleh -13550 views

Pacitanku.com, PACITAN– Lagi, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, mengingatkan agar masyarakat tidak terlalu pobia dengan pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Namun yang terpenting, bagaimana masyarakat tetap mengindahkan protokol kesehatan.

“Tetap memakai masker saat keluar rumah, dan selalu jaga jarak fisik (physical distancing) ketika melakukan interaksi sosial,” katanya, Senin (4/5/2020).

Untuk itulah, dokter yang karib disapa Hendra ini meminta agar masyarakat, tidak melakukan generalisasi terhadap lingkungannya.

Meski diakuinya, saat ini jumlah pasien positif COVID-19 terus bertambah diberbagai daerah. Termasuk di Pacitan sendiri, yang sampai detik ini sudah mencapai enam warga terpapar COVID-19.

“Gugus tugas sudah menyampaikan informasi ke masyarakat, terkait titik episenter sebaran COVID-19. Karena itu, masyarakat jangan menggeneralisasi wilayahnya. Kalau masih dalam kawasan hijau, ya tidak perlu melakukan karantina wilayah. Justru itu akan bisa menghambat akses komunikasi dan ekonomi masyarakat sendiri,” jelas dokter yang akrab disapa Hendra ini.

Sekedar informasi semenjak salah satu kawasan di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, melaksanakan karantina wilayah, beberapa kawasan lainnya juga mengikuti. Seperti di lingkungan perumahan nasional (perumnas) Desa Bangunsari, Kecamatan Pacitan, misalnya.

Pantauan wartawan, banyak akses pintu masuk yang di tutup oleh masyarakat setempat. Fenomena ini justru menyulitkan masyarakat dalam melakukan aktivitas perekonomian.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan