Gugus Tugas Tekankan Upaya Promotif, Preventif dan Rehabilitasi Terhadap Warga Terdampak COVID-19

oleh -13652 views
Plt Kadinkes T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Tim gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, akan lebih mengintensifkan lagi upaya promotif, preventif dan rehabilitasi, ditengah wabah COVID-19 di Pacitan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, Kamis (30/4/2020 mengatakan sudah sejak lama pihaknya selalu menekankan upaya promotif dan preventif, terhadap badai COVID-19 yang saat ini belum juga selesai.

“Kemudian juga kita tekankan adanya langkah-langkah rehabilitasi, yang satu diantaranya dengan trauma healing. Kami sudah siapkan tenaga psikolog untuk melakukan upaya rehabilitasi tersebut,” jelasnya.

Selain langkah-langkah tersebut,  gugus tugas juga telah menyiapkan jaring pengaman sosial bagi warga terdampak bencana non alam coronavirus tersebut.

“Gugus tugas bidang ekonomi sudah menyiapkan berbagai macam bantuan. Setidaknya kebutuhan dasar mereka bisa terpenuhi,”imbuh dr Hendra.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Hendra juga menekankan agar masyarakat tidak terlampau panik dalam mengahadapi badai COVID-19.

Kepanikan, menurut dr Hendra, justru bisa memicu ketidakstabilan jiwa. Untuk itulah yang terpenting selalu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

“Dan jangan lupa ikuti protokol kesehatan, utamanya selalu memakai masker saat keluar rumah. Kalau tidak ada keperluan mendesak, lebih baik tetap tinggal di rumah,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat Pacitan digegerkan dengan aksi kejahatan pembunuhan di Desa Kayen, Kecamatan Pacitan ditengah adanya wabah COVID-19 pada Kamis (30/4/2020).

Peristiwa tersebut dikhawatirkan membuat kepanikan ditengah masyarakat, mengingat saat ini juga sedang terjadi wabah COVID-19. Beruntung, aparat kepolisian dengan sigap segera meringkus pelaku pembunuhan tersebut.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan