Gugus Tugas Pacitan Kembali Persiapkan Wisma Atlet Sebagai Lokasi Karantina

oleh -13355 views
Trihariadi Hendra Purwaka, Plt Kadinkes Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan akhirnya memutuskan untuk kembali menggunakan wisma atlet sebagai tempat karantina mandiri. Sebab, kapasitas ruangan di RSUD dr Darsono, dimungkinkan akan mengalami overload.

Baca juga: Dinilai tak Efisien, Penggunaan Wisma Atlet Pacitan Sebagai Lokasi Karantina Dihentikan

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan,  penuhnya ruangan rawat inap di RSUD dr Darsono, bukan karena pasien positif COVID-19. Namun memang banyak pasien lain yang juga perlu ruangan isolasi. Sebagai contoh pasien TBC.

“Karena alasan itulah, gugus tugas mengambil sikap untuk menyiapkan wisma atlet sebagai tempat karantina,” jelasnya, Rabu (29/4/2020).

Pria yang akrab disapa dr Hendra ini mengungkapkan, untuk tahap awal ini telah disiapkan sebanyak 23 kamar. Meskipun kapasitas di wisma atlet bisa menampung 47 pasien.

“Hari ini akan ada pemindahan dua orang dari RSUD dan satu orang tanpa gejala (OTG) dari sebuah desa di Kecamatan Pacitan. Mereka akan dikarantina di wisma atlet,” tuturnya.

Sementara Kamis (30/4) besok, untuk klaster Temboro yang dinyatakan reaktif hasil rapid diagnostic test (RDT), juga akan di karantina di wisma atlet.

Begitupun dengan semua santri dan santriwati Temboro yang lain juga akan di karantina di tempat yang sama.

“Kami khawatir kalau mereka menjalani karantina di rumah, pengawasannya tidak maksimal. Oleh sebab itu, mereka semua akan kita karantina di wisma atlet,”terang pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak Pacitan ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan