Hasil Swab Lanjutan Pasien Positif Corona di Pacitan Dinyatakan Negatif

oleh -13851 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Hasil uji swab terhadap satu pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) atau dalam istilah medis disebut COVID-19 conform di Pacitan dinyatakan negatif.

Meski demikian, Pasien positif corona yang sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) ke-4 tersebut harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Menurut keterangan juru bicara satuan gugus tugas (satgas) COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto membenarkan hasil swab negatif satu pasien tersebut.

“Tapi itu adalah hasil swab negatif yang pertama,” kata Rachmad, Kamis (23/4/2020) di Pacitan.

Baca juga: Pacitan Umumkan Pasien Pertama Positif COVID-19

Sehingga, Rachmad mengatakan, sesuai protokol kesehatan, meskipun kondisi pasien tetap sehat dan membaik harus tetap menunggu beberapa hari.

“Namun tetap harus menunggu beberapa hari lagi untuk dinyatakan hasil swabnya yang kedua betul-betul negatif,”ujarnya.

Hal tersebut, kata Rachmad, dimaksudkan agar pasien positif COVID-19 yang saat ini telah sembuh tersebut, ketika kembali ke rumah benar-benar sehat secara laboratorium dari corona.

“Kita doakan bersama agar hasilnya nanti tetap negatif,”tandasnya.

Rachmad juga mengimbau kepada seluruh masyarakat diharapkan untuk selalu berperan aktif dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 di Pacitan.

“Kami tekankan selelu memakai masker bila keluar rumah, dan selalu jaga jarak fisik (physical distancing) ketika melakukan interaksi sosial,”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kasus pertama pasien positif COVID-19 ditemukan di Kabupaten Pacitan, pada Kamis (9/4/2020) malam WIB. Pasien positif tersebut merupakan PDP ke-4 dan saat ini masih menjalani isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan