Bertambah Tiga, PDP COVID-19 di Pacitan Jadi 8 Orang

oleh -131.008 views
Rapid Test Kit Coronavirus. (Foto: freepik.com)

Pacitanku.com, PACITAN– Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan, kembali bertambah tiga orang. Sehingga per Sabtu (18/4/2020) malam, PDP yang semula berjumlah lima orang, bertambah menjadi delapan orang.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, pada Sabtu (18/4/2020), tim gugus tugas memang melakukan tracking terhadap 23 orang yang diduga pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif corona.

Dari sebanyak 23 orang tersebut, 20 diantaranya dinyatakan non reaktif hasil rapid tes kit (RTK).

“Namun tiga orang diantaranya reaktif COVID-19 hasil RTK. Saat ini statusnya ditingkatkan menjadi PDP,” kata Rachmad, Sabtu (18/4).

Menurut Rachmad, ketiga PDP tersebut beralamatkan di Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

“Dari hasil tracking, ketiganya kuat diduga pernah melakukan kontak langsung dengan pasien PDP ke empat, yang saat ini dinyatakan positif COVID-19,” jelasnya.

Labih lanjut, mantan Kepala Dinas Kesehatan Pacitan ini mengatakan, ketiganya untuk sementara waktu harus menjalani karantina mandiri di kediaman masing-masing.

“Sabtu malam gugus tugas tengah melakukan rapat koordinasi. Dimungkinkan besok (Ahad, red), ketiganya akan dilakukan isolasi di rumah sakit atau di wisma atlet,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan