Per Hari, Siswa SMKN 1 Donorojo Mampu Produksi 500 Masker Kain

oleh -13502 views
CEK PRODUKSI MASKER. Bupati Indartato saat mengecek produksi masker di Donorojo, Senin kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Donorojo memiliki terobosan membantu mempercepat penanganan pandemic coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Terobosan itu adalah produksi 500 masker kain per hari yang diproduksi oleh para siswa kelas XI dan XII.

Pembuatan masker anak-anak kejuruan ini pun mendapat apresiasi Bupati Indartato.

Baca juga: Bupati Indartato Cek Pembuatan Masker Kain di SMKN I Donorojo Hingga Bagi Sembako

Sebagai bentuk dukungan, orang nomor satu di Pacitan itu mengunjungi dan melihat langsung proses pembuatan masker di SMKN 1 Donorojo, Senin kemarin.

“Saya sangat bangga dan berterimakasih karena anak anak kita mampu berbuat kebaikan menciptakan alat keselamatan,”kata Bupati Indartato, seperti dikutip dari siaran pers humas Pemkab Pacitan, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Bupati Indartato Cek Pembuatan Masker Kain di SMKN I Donorojo Hingga Bagi Sembako

Seperti diketahui kebutuhan akan masker ditengah pandemi covid 19 sangat banyak. Sementara ketersediaan alat pelindung ini juga terbatas. Untuk itu kata bupati, karya anak-anak SMK ini sangat membantu sekali.

“Ini sekaligus jadi sarana sosialisasi dan kampanye memakai masker untuk mencegah penyebaran covid 19,”ujar dia.

Selain membantu program pemerintah dalam pencegahan covid 19, pembuatan masker ini juga untuk merealisasikan program sekolah  berdonasi untuk warga sekolah dan masyarakat. Juga untuk membekali siswa peduli sesama serta mengembangkan Teaching Factory berbasis industri

“Produksi masal ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan masker masyarakat”, kata ketua kompetensi Keahlian Tata Busana SMKN 1 Donorojo, Diyan Vitariyanti.

Menurut Diyan ada beberapa kendala yg selama ini dihadapi. Salah satunya adalah kebutuhan bahan masker. Ini karena pihak sekolah tidak bisa keluar dari kabupaten pacitan.

Jalan satu-satunya order via online dan membutuhkan waktu. Sedangkan, ketika bahan datang,  tidak semuanya sesuai kebutuhan.

Selain untuk kebutuhan donasi, masker karya anak-anak SMKN 1 Donorojo ini juga melayani pemesanan.

Selama ini sudah ada pemesan baik dari masyarakat, lembaga sekolah maupun instansi pemerintah, TNI dan kepolisian. (Humas)