Kegiatan Pengadaan Sektor Pendidikan di Pacitan Masih Terus Berjalan

oleh -13157 views
Kepala Dinas Pendidikan Pacitan Daryono. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Pacitan, Daryono, memastikan semua kegiatan pengadaan barang dan jasa yang bersinggungan dengan pendidikan, tidak akan mandeg meski tengah terjadi wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Hal itu ia sampaikan, seiring instruksi pemerintah pusat, terkait refoccusing anggaran guna percepatan penanganan covid-19, Selasa (14/4/2020).

Menurut Daryono, untuk organisasi perangkat daerah (OPD) diluar pendidikan, khususnya kegiatan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) fisik, untuk dihentikan.

“Tapi khususnya bidang pendidikan, masih terus berjalan,” katanya.

Saat ini, lanjut Daryono, masih proses pembahasan dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).

Baca juga: Bupati Pacitan Sebut APBD Terancam Defisit, Tapi Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa Tetap Jalan

“Kecuali kegiatan pembangunan perpustakaan daerah yang harus stagnasi. Untuk kegiatan lainnya, Insyaallah masih tetap berjalan,” tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah  pemerintah pusat berencana akan memangkas 10 persen dana perimbangan pusat dan daerah.

Dengan kebijakan tersebut, APBD Pacitan terancam defisit. Karena itulah Pemkab Pacitan melakukan kajian-kajian seiring akan dilaksanakannya kegiatan pengadaan barang dan jasa, khususnya kegiatan fisik konstruksi yang lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur vital, seperti jalan dan jembatan.

Saat ini tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) tengah melakukan kajian-kajian. Sebab banyak sekali pos-pos belanja langsung yang direalokasikan untuk infoccusing penanganan COVID-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan