Dinkes Pacitan Siapkan 24 Petugas Lab yang akan Tangani Pasien Corona

oleh -13372 views
Jubir Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Volume pemeriksa laboratorium di RSUD dr Darsono Pacitan, diperkirakan akan mengalami puncak seiring pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19) ini.

Karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mulai hari ini Selasa (14/4/2020) melaksanakan pelatihan petugas laboratorium yang ada di masing-masing puskesmas di Kabupaten Pacitan.

“Saat ini Dinkes sedang melatih petugas laboratorium puskesmas se Kabupaten Pacitan. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika terjadi penambahan yang signifikan terhadap pasien covid,” kata juru bicara (jubir) satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan COVID-19 Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Selasa (14/4).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini, pelatihan lebih difokuskan terhadap pemeriksaan awal, rapid test kit (RTK) dan pengambilan sampel di jaringan mukosa atau lender dahak di tenggorokan atau hidung pasien terduga COVID-19.

Selanjutnya akan dilakukan uji swab yang dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Kesehatan RI.

“Jadi mereka dipersiapkan seandainya nanti ada lonjakan pasien terduga coronavirus yang memerlukan pemeriksaan laboratorium. Sehingga Puskemas sudah bisa menangani. Sebab selama ini masih terfokus di rumah sakit,” jelasnya.

Sementara itu yang mengikuti pelatihan tersebut, masing-masing puskemas mengirimkan satu orang calon petugas laboratorium. Mereka saat ini mengikuti pelatihan di Puskesmas Desa Tanjungsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

“Jumlahnya ada 24 orang, pelatihan dilaksanakan secara bertahap guna menerapkan physical distancing,” tandas mantan Kepala Dinkes Pacitan ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan