47 Ribu Warga Pacitan Terima BPNT, Indartato: Mudah-mudahan Ringankan Beban

oleh -13502 views
Indartato saat menyalurkan bantuan pangan non tunai, Selasa (14/4/2020) di Desa Semanten. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah menyalurkan bantuan pangan nontunai (BPNT) untuk puluhan ribu penerima manfaat di Pacitan.

“Hari ini pemerintah pusat menyalurkan bantuan pangan non tunai, yang dasarnya adalah basis data kesejahteraan sosial, yang di Pacitan ini untuk tahun 2020 ini sekitar 47 ribu penerima,”kata Indartato saat dikonfirmasi di sela menyalurkan bantuan pangan non tunai, Selasa (14/4/2020) di Desa Semanten, Pacitan.

Indartato menjelaskan, BPNT tersebut berbeda dengan jaring pengaman sosial masyarakat.

Sebab, kata dia, data BPNT ini sudah ada sejak tahun 2015 dan bersifat data terpadu yang diputuskan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga: Indartato Berikan Bantuan PKH Kepada Ribuan Warga Penerima

Selain bantuan pangan non tunai, Bupati menyebut masyarakat juga menerima bantuan program keluarga harapan (PKH).

“Ini dengan PKH juga sama, jadi orang yang menerima bantuan pangan non tunai, ini bisa juga menerima bantuan PKH, kalau PKH tidak banyak, yang banyak bantuan non tunai 47 ribu, PKH sekitar 17 ribu,”jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Indartato berharap berbagai bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat, utamanya dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Mudah-mudahan ini meringankan beban masyarakat, apalagi situasi ada pandemi COVID-19 sekaligus dampaknya adalah terhadap ekonomi, mudah-mudahan masyarakat walaupun berdampak, masih bisa diatasi, mudah-mudahan,”tandasnya.

Indartato mengungkapkan, pemberian bantuan pangan non tunai tersebut serentak diberikan di seluruh kecamatan di Pacitan pada bulan April 2020.

“Serentak bulan ini di seluruh kecamatan di kabupaten Pacitan, hanya waktunya yang berbeda-beda,”tandasnya.

Ia merinci, penerima manfaat terbanyak BPNT tersebut adalah di tiga kecamatan di Pacitan, yakni Kecamatan Tegalombo, Tulakan dan Nawangan.

“Di tiga kecamatan tersebut, ada 5 ribu lebih penerima manfaat, yang kecamatan lainnya di bawah 5 ribu,”pungkasnya.

Dalam penyerahan tersebut, Indartato didampingi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pacitan AKBP Didik Hariyanto dan Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan