Nelayan di Pacitan Kembali Panen Ikan Layur

oleh -13432 views
Sejak bulan Nopember tahun lalu, mereka banyak mendapat tangkapan ikan layur. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Ditengah wabah coronavirus disease (covid-19), nelayan di Kabupaten Pacitan justru menangguk untung. Pasalnya, sejak bulan Nopember tahun lalu, mereka banyak mendapat tangkapan ikan layur.

“Ramainya pada Maret lalu. Sebenarnya sejak bulan Nopember tahun lalu, ikan layur sudah banyak yang keluar,” kata Komandan Pos Kamladu Pacitan, Pelda Eden Totok Budianto, Senin (13/4/2020).

Meski tangkapan ikan layur terus melonjak, namun setiap hari nelayan yang melakukan bongkar muat selalu dalam pengawasan.

“Tiap hari terus kita cek. Baik nama kapal, surat kapal dan awak buah kapal (ABK). Bila dalam pengecekan tidak ditemukan data, tentu akan kita pulangkan para nelayan andon tersebut,” jelas prajurit TNI AL yang karib disapa Totok ini.

Ia menegaskan, Kamladu masih memedomani kesepakatan yang dibangun antara Dinas Perikanan Kabupaten Pacitan dengan UPT Pelabuhan Tamperan, Polsek dan pengusaha perikanan, belum lama ini.

“Kalau ada nelayan atau ABK yang tidak terdaftar begitu juga dengan kapalnya, pasti akan kita pulangkan. Sebab itu melanggar kesepakatan bersama yang telah kita tanda tangani pada 29 Maret 2020 lalu,” tutur Totok.

Sementara itu, data nelayan andon pencari ikan layur tercatat sebanyak 659 orang dengan 172 unit kapal. Diantaranya jenis daplangan. Kemudian kapal jenis porseine dan sekoci, sejauh ini tidak ada perubahan. Yang aktif 11 kapal jenis porseine dan 14 kapal jenis sekoci.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan