Siswanya Belajar di Rumah, Para Guru Jadi Relawan COVID-19 di Perbatasan Pacitan-Wonogiri

oleh -13727 views
Posko COVID-19 di perbatasan Pacitan-Wonogiri di Desa Jeruk, Bandar. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, BANDAR – Sejumlah guru dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Banna, Kecamatan Bandar Pacitan menjadi relawan percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) di saat para siswa belajar dari rumah karena kebijakan pemerintah.

Mereka turut serta menjaga perbatasan di wilayah Kecamatan Bandar, yang merupakan perbatasan Pacitan dan Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah.

Baca juga: Banser Bandar-Pemdes Jeruk Sinergi Jaga Kawasan Perbatasan Pacitan-Wonogiri

Salah satu guru sekolah tersebut, Wiyono, dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Kamis (9/4/2020) mengatakan kegiatan di perbatasan tersebut salah satunya adanya cek dan pos di perbatasan dari menuju Pacitan.

“Kami tergerak untuk andil dalam kegiatan sosial sejumlah guru di sekolah dasar Islam terpadu Al-Banna ikut menjadi bagian penjaga perbatasan, kami sejumlah guru laki-laki SD IT Al-Banna turut serta dalam piket di perbatasan Purwantoro-Bandar,”katanya.

Menurut Wiyono, hal itu merupakan bagian dari pemahaman bahwa bencana, baik bencana alam atau bencana non alam merupakan urusan bersama.

“Kami berprinsip bahwa wabah COVID-19 ini merupakan masalah bersama, sudah bukan lagi hanya milik salah satu instansi tapi semua masyarakat, kedepan kami relawan tetap akan piket apabila masih mendapatkan jadwal jaga,”tandasnya.

Lebih lanjut, Wiyono mengungkapkan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di pos jaga perbatasan tersebut adalah melakukan pengecekan kesehatan bagi masyarakat yang akan memasuki Pacitan.

“Hari ini, beberapa masyarakat yang dari Ponorogo banyak yang masuk ke Pacitan, beberapa diantaranya para siswa-siswi pondok di wilayah Ponorogo yang memang dipulangkan karena adanya wabah ini,”pungkas Wiyono.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan