Banser Bandar-Pemdes Jeruk Sinergi Jaga Kawasan Perbatasan Pacitan-Wonogiri

oleh -0 Dilihat
Banser-Pemdes Jeruk bersinergi melakukan penjagaan kawasan perbatasan, yang merupakan akses keluar masuk antar provinsi

Pacitanku.com, BANDAR – Lonjakan pemudik seiring wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) membuat perhatian banyak pihak.

Bukan hanya satuan tugas, namun elemen masyarakat yang tergabung dalam organisasi masyarakat (ormas) Islam ikut bersama melakukan tracing.

Hal tersebut seperti yang dilakukan Satkoryon Banser, Kecamatan Bandar bersama dengan Pemerintah Desa Jeruk, dan Bandar.

Mereka bersinergi melakukan penjagaan kawasan perbatasan, yang merupakan akses keluar masuk antar provinsi, yaitu Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah) dan Pacitan (Jawa Timur).

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Bandar, Choirul mengatakan, kegiatan yang dilakukan di posko penjagaan tersebut diantaranya dengan penyemprotan disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap pendatang yang masuk.

Karena tak bisa dimungkiri lagi jika pengendara atau pendatang yang masuk berasal dari zona merah. Para pemudik yang datang dari luar kota maupun luar negeri tersebut didata oleh petugas kesehatan.

“Ansor Banser Bandar juga mendapatkan Ilmu dan arahan tentang bagaimana cara dan pentingnya isolasi diri dan semua hal yang berhubungan dengan edukasi pencegahan, penyebaran dan penularan covid-19,” jelasnya, Selasa (7/4/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu juga sempat ditinjau oleh Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto, Dandim Pacitan, Letkol (inf) Nuri Wahyudi dan juga Kepala Pelaksana BPBD, Didik Alih Wibowo.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan