Krisis APD Masih Terjadi di Pacitan

oleh -13247 views
Plt Kadinkes T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Krisis alat pelindung diri (APD) masih terjadi di Kabupaten Pacitan.

Dari 200 unit APD yang telah dipesan satuan gugus tugas (Satgas) percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19), baru separuh yang sampai dan terdistribusi ke semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Pacitan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan, pihaknya sudah memesan sebanyak 200 unit APD ke distributor.

Namun kenyataannya, baru 100 unit yang sudah terkirim.

“Kemarin datang 100 unit, dan langsung kita distribusikan ke 24 Puskesmas. Masing-masing puskesmas kita kasih dua APD,” ujarnya saat dicegat wartawan di aula pendopo Pemkab Pacitan, Selasa (7/4/2020).

Sementara untuk masker, dokter yang akrab disapa Hendra ini mengungkapkan, dari 50 ribu pcs yang dipesan tak satupun yang sampai. Kalaupun ada masker di Puskesmas, Hendra menegaskan, itu bantuan dari Pemprov Jatim.

“Kita dapat 1.000 pcs bantuan dari Pemprov Jatim. Saat ini sudah kami distribusikan ke semua puskesmas. Masing-masing dua box berisikan 50 pcs,” jelasnya.

Hendra menegaskan, sesuai informasi yang ia terima dari pihak distributor, pesanan APD, baru akan sampai pada 10 April nanti.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan