LSM Desak Satgas COVID-19 Pacitan Segera Isolasi Satu Warga Terduga ODP

oleh -13478 views
Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bhinneka Bangsa, Sutikno. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bhinneka Bangsa, Sutikno, meminta agar satuan gugus tugas (Satgas) penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan segera mengambil langkah-langkah kedaruratan atas pandemi COVID-19 yang sudah mulai meresahkan.

Terlebih, satu ASN di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan yang saat ini tengah menjalani isolasi di RSUD dr Darsono, sebelumnya diduga banyak berinteraksi dengan masyarakat. Salah satunya dengan pendatang dari Jakarta, asal Desa Tanjungsari yang diduga sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

“Warga Tanjungsari ini tidak melakukan karantina, tetapi dikabarkan banyak berinteraksi dengan masyarakat. Utamanya dengan warga Desa Arjowinangun yang diperkirakan berjumlah sekitar 40 orang,”kata Sutikno, Ahad (5/4/2020).

Sementara teman sejawat dari ASN Kemenag Pacitan tersebut, yang seorang tenaga medis dari Kabupaten Ponorogo yang bekerja di Kecamatan Tegalombo telah dinyatakan positif COVID-19.

“Mereka berdua sebelumnya sempat menghadiri kegiatan sosialisasi penyelenggaraan haji di Surabaya. Setelah itu, satu peserta yang bekerja di salah satu Puskesmas di Tegalombo diisolasi di rumah sakit di Ponorogo karena hasil uji swab dinyatakan positif COVID-19,” jelas Sutikno.

Untuk itu, ia meminta agar Satgas COVID-19 segera melakukan tracking atau pelacakan kepada masyarakat yang pernah kontak langsung dengan ASN tersebut.

“Saat ini, kami berharap gugus tugas desa mencari satu warga Desa Tanjungsari untuk segera melakukan karantina atau isolasi. Sebab warga sudah sangat resah,”katanya lagi.

Terpisah, Kepala Desa Arjowingun, Rahman Wijayanto, mengatakan, Ahad malam ini, dirinya tengah melakukan pendataan terhadap warganya yang diduga pernah kontak langsung sama warga Desa Tanjungsari ataupun dengan ASN Kemenag Pacitan.

Hanya saja, pria yang dikenal dekat dengan keluarga Cikeas ini belum melakukan tracking. “Malam ini kita pendataan dulu,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Wiwit ini meminta agar Satgas COVID-19 Pacitan segera turun tangan untuk mengamankan satu warga Desa Tanjungsari.

“Kami minta agar segera dilakukan isolasi. Sebab warga sangat resah,” pinta Wiwit.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan