Pemkab Pacitan Upayakan Penuhi Kebutuhan Dasar Warga Terdampak COVID-19

oleh -13284 views
Beras Miskin di Pacitan (Foto : IST)
Foto ilustrasi, beras: (Foto : IST)

Pacitanku.com, PACITAN – Ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19), ekonomi masyarakat kian lesu. Pemutusan hubungan kerja (PHK) hampir terjadi di banyak daerah. Termasuk di Pacitan, banyak buruh pabrik yang kehilangan mata pencahariannya.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto menegaskan, hasil rapat koordinasi pada Ahad (5/4/2020) malam, diputuskan bahwa gugus tugas bidang perekonomian akan segera melakukan refoccusing untuk masyarakat pendatang yang saat ini kehilangan pekerjaan.

Dalam waktu singkat, kata dia, gugus tugas akan segera menyusun realokasi anggaran, guna menangani perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Dalam waktu tujuh hari terhitung sejak Jumat kemarin, gugus tugas harus sudah melaporkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), hasil refoccusing penanganan COVID-19. Termasuk bagaimana mengatasi perekonomian masyarakat pendatang yang saat ini kehilangan mata pencaharian,”ujar Rachmad, Ahad (5/4/2020).

Diakuinya, pemerintah memang sangat compang-camping untuk bisa mengcover semua kebutuhan masyarakat terdampak.

Namun demikian, setidaknya mereka yang saat ini pulang kampung karena kena PHK, kebutuhan dasarnya bisa terpenuhi.

“Bagaimana mereka bisa makan, ini yang harus kita pikirkan bersama. Karena itu, malam ini tadi gugus tugas bidang perekonomian tengah melakukan realokasi anggaran untuk penanganan dampak ekonomi mereka,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan