KNPI Pacitan Tanam 6.000 Pohon Trembesi Atasi Kekeringan

oleh -13265 views
TANAM TREMBESI. DPD KNPI Kabupaten Pacitan menyalurkan ribuan bibit trembesi untuk ditanam. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pacitan melakukan penanaman pohon trembesi sebanyak 6.000 batang yang disalurkan kepada Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI.

Ketua KNPI Pacitan Bagus Surya Pratikna dalam keterangannya kepada Pacitanku.com, Ahad (29/3/2020) mengatakan penanaman pohon ini merupakan salah satu program DPD KNPI sebagai upaya mengantisipasi adnya kekeringan di Pacitan.

“Karena seperti yang diketahui bersama bahwa pohon trembesi memiliki daya hisap atau simpan air sangat baik, hari ini Pengurus DPD KNPI Kabupaten Pacitan melakukan distribusi ke pengurus DPK KNPI di 12 kecamatan,”kata Bagus.

Secara teknis, imbuhnya, proses penanaman pohon tersebut akan dilakukan di 12 kecamatan. Menurut Bagus, selama ini Pacitan mengalami kekeringan dan saat musim penghujan terjadi banyak bencana tanah longsor, sehingga butuh tanaman yang bisa dan mampu mengatasi hal tersebut untuk jangka panjang.

“Betul mas, jadi penyaluran bibit pohon ini untuk DPK KNPI di 12 kecamatan, harapanya dengan banyak menanam pohon ini bisa mengurangi risiko tanah longsor dan kekeringan atau krisis air,”ujar pria yang juga legislator asal Partai Hanura ini.

Sebagai informasi, pohon ini masuk ke dalam kategori tanaman yang cepat tumbuh. Mereka bisa tumbuh 75 cm hingga 150 cm hanya dalam satu tahun. Pohon ini pun bisa tumbuh setinggi 15 hingga 25 meter, dan tergolong tanaman ‘bandel’.

Mengapa? Trembesi dapat bertahan hidup di negara yang memiliki musim kering hingga empat bulan dengan kisaran suhu 20 hingga 38 derajat Celcius. Trembesi memiliki karakter daun yang tebal dan memiliki kemampuan menyerap karbondioksida lebih tinggi dibanding pohon lainnya.

Trembesi bisa menyerap 28,5 ton karbondioksida/pohon/tahun. Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding akasia yang menyerap 5,3 ton karbondioksida/pohon/tahun. Sementara, kenanga menyerap 0,8 ton karbondioksida/pohon/tahun.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan