Plt Kadinkes: ODR dari Korea yang Pulang Kampung ke Pacitan Kondisinya Sehat

oleh -131.126 views
Plt Kadinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Satu orang sehat dengan risiko, coronavirus disease 2019 (COVID-19), asal Lingkungan Pojok, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan dinyatakan sehat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan, selama menjalani masa karantina selama 14 hari, orang tersebut memang benar-benar sehat dan tidak ada gejala klinis yang mengarah ke COVID-19.

Sekedar informasi, orang tersebut sebelumnya bekerja di Korea. Sepulang dari perantauan, ODR berjenis kelamin wanita itu akhirnya harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Selama menjalani masa karantina, ODR tersebut dibawah pantauan UPT Puskesmas Desa Tanjungsari.

“ODR tersebut tidak ada masalah, dan sudah benar-benar sehat,” terang Trihadi Hendra Purwaka, Sabtu (28/3).

Menurut dokter yang karib disapa Hendra ini mengungkapkan, ODR adalah orang sehat, namun perlu dilakukan pemantauan.

Mungkin mereka pernah berkunjung ke daerah endemi covid-19. Kecuali kalau orang tersebut disertai sakit flue ringan, seperti bersin dan batuk-batuk, baru statusnya dinaikan menjadi orang dalam pemantauan (ODP).

“Kalau dalam perkembangannya, ada gejala sesak nafas, baru kita naikkan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP). Itupun yang menentukan doker dirumah sakit setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terutama pada paru-parunya. Kalau misalnya ditemukan sesuatu yang mengarah ke coronavirus, baru akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk,” bebernya.

Hendra meminta agar masyarakat tidak panik menyikapi beragam informasi terkait perkembangan wabah covid-19 di tanah air. Yang pasti Pemkab Pacitan, selalu siaga ketika mendapati perkembangan apapun.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan