Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Terjadi di Jalur Nawangan

oleh -172 views

Pacitanku.com, NAWANGAN – Ditengah mewabahnya coronavirus disease 2019 (COVID-19), bencana alam tanah longsor kembali terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Pacitan. Seperti yang terjadi, Rabu (25/3) sore ini.

Sebuah pohon besar tumbang dan menimpa tiang listrik hingga roboh. Kejadian itu berlangsung di Dusun Guwo, Desa Jetis Lor, Kecamatan Nawangan.

Tak hanya itu, tanah longsor juga terjadi tak jauh dari lokasi pohon tumbang hingga menutupi hampir seluruh badan jalan. “Saat itu hujan dengan intensitas tinggi dengan waktu yang cukup lama mengguyur Nawangan sekitarnya,” kata Kapten (Kav) Subari, Danramil Kecamatan Nawangan.

Sekitar pukul 15.00 Wib, lantaran derasnya hujan mengakibatkan tanah longsor serta sebuah pohon nangka dengan diameter besar tumbang dan menimpa tiang listrik PLN. “Jalur utama Arjosari-Pakis baru, lumpuh total,” jelasnya.

Sejurus kemudian, satu anggota Babinsa, Serda Hafiz dan Babinkamtibmas, menuju lokasi kejadian guna melakukan evakuasi. “Kami melaksanakan gotong -royong besama masyarakat membersihkan material longsoran dan mengangkat tiang listrik agar akes jalan utama Arjosari-Pakis Baru bisa di lalui kendaraan R 2 maupun R 4,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang ada di Kecamatan Nawangan agar selalu waspada dan berhati-hati dikarenakan wilayah Kecamatan Nawangan rawan terjadi bencana alam kususnya longsor.

“Kami sudah menerima laporan dan menerjunkan personil untuk membantu proses evakuasi,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan