Dinkes Pacitan Siapkan Wisma Atlet Sebagai Lokasi Karantina

oleh -13971 views
Plt Kadinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, memang menyatakan belum ada pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19). Akan tetapi, orang dalam pemantauan (ODP) kian hari kian bertambah.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan, sampai detik ini jumlah orang dalam pemantauan mencapai 427 orang.

“Dari jumlah tersebut orang dalam risiko sebanyak 374 orang, orang dalam pemantauan sebanyak 52 orang dan pasien dalam pengawasan satu orang. Sedangkan yang selesai dipantau sebanyak 15 orang,” katanya saat ditemui di receptionis Sekretariat Kabupaten Pacitan, Senin (23/3/2020).

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, sejak ditetapkannya status siaga COVID-19, para ODP masih melakukan karantina mandiri. Mereka melakukan isolasi sendiri dirumah masing-masing. Untuk itu, hari ini gugus tugas bidang kesehatan akan berupaya menyediakan tempat khusus karantina bagi orang dalam pemantauan.

“Kemungkinan nanti akan disiapkan di wisma atlet. Hari ini akan kita bicarakan dengan gugus tugas lainnya. Yang pasti, Pemkab Pacitan akan menyediakan tempat karantina bagi orang dalam pemantauan,”kata Hendra.

Selain itu, Hendra juga berharap adanya perluasan pelayanan. Begitupun dengan ruang isolasi yang ada di rumah sakit, diharapkan juga ada penambahan.

“Hari ini akan kita cek kelayakannya. Utamanya wisma atlet yang akan dipergunakan sebagai lokasi karantina,”tegas Hendra.

Masih dikesempatan yang sama, Hendra juga mengungkapkan kalau Pacitan belum masuk daerah merah COVID-19. Di Jatim, yang masuk kategori kawasan merah diantaranya Surabaya dan Malang. Sedangkan yang di Provinsi Jateng, yang paling dekat dengan Pacitan, yaitu Surakarta.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan