Ketua Satgas COVID-19 Pacitan: Lakukan Tindakan Represif Jika Masyarakat tak Menggubris

oleh -13806 views
Satpol PP-Polisi saat gelar operasi cipta kondisi, beberapa waktu lalu. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kesadaran masyarakat Pacitan untuk melaksanakan imbauan gugus tugas penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19), utamanya menghindari perkumpulan massa dalam jumlah besar, sepertinya masih sangat rendah.

Hal itu terbukti pada Sabtu (21/3/2020) malam ini tadi, masih banyak masyarakat yang melakukan perkumpulan. Utamanya di alun-alun dan kawasan jalur lintas selatan (JLS) Kelurahan Sidoharjo.

Mereka bergeming, atas warning pemerintah soal wabah COVID-19 yang saat ini sudah merenggut puluhan nyawa itu.

Atas kondisi tersebut Ketua Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro, yang malam itu masih melakukan pemantauan meminta agar satuan tugas lebih intensif lagi memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan dampak penyakit mematikan tersebut.

Heru Wiwoho Supardi Putra. (Foto: Yuniardi Sutondo)

“Mungkin bagi para camat, Satpol PP kami harapkan terus melakukan upaya persuasif kepada masyarakat, untuk memberikan pemahaman soal COVID-19,” kata Heru, Sabtu (21/3/2020).

Heru juga meminta agar sosialiasi secara mobile terus digeber. Mengingat masih banyak masyarakat yang sepertinya tak acuh dengan wabah COVID-19.

“Kita akan terus giatkan peran satuan tugas. Kalau memang langkah persuasif tidak diindahkan, perlu untuk diambil tindakan represif. Namun utamakan dulu pencegahan dan langkah persuasif kepada masyarakat,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten Pacitan ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan