Diterjang Longsor, Dua Rumah Warga Bandar Rusak Berat

oleh -249 views
Rumah milik Said, warga Bandar tertimpa material longsor, Kamis (19/3/2020). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah titik di Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan diterjang bencana tanah longsor yang terjadi pada Kamis (19/3/2020) kemarin.

Informasi yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, peristiwa bencana alam tersebut terjadi pada Kamis (19/3/2020) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Adapun rumah terdampak longsor adalah rumah milik lima warga di Desa Tumpuk, yakni milik Katimun, Tumani, Jumadi, Tumaji dan Kadimin.

Bahkan, dua rumah warga cukup parah terdampak tanah longsor. Yakni rumah milik Katimun dan Tumani, warga di RT/RW 01/01, Dusun Gondang Legi, Desa Tumpuk, Kecamatan Bandar rusak berat akibat tertimpa longsor.

Rumah Katimun yang merupakan Ketua RT setempat tertimbun longsoran. Sementara rumah milik Tumani juga mengalami kerusakan berat akibat terkena longsor. Tak hanya itu, ternak kambing dan sapi milik Tumani juga tertimpa longsoran.

Menurut keterangan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Aswin Rikha Wijaya, saat dikonfirmasi Pacitanku.com, saat ini pihaknya menuju ke titik longsor tersebut untuk melakukan assesmen dan pemberian bantuan.

“Benar mas, kemarin (Kamis, red) banyak terjadi longsor yang terjadi di sana, ini saya dan satpol PP menuju ke sana melakukan assesmen untuk pemberian bantuan logistik,”kata Aswin saat dihubungi Pacitanku.com, Jumat pagi.

Lebih lanjut Aswin mengatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor tersebut. Namun ada beberapa masyarakat yang mengungsi karena rumah roboh.“Korban tidak ada mas, hanya masyarakat disana ada yang mengungsi, karena ada rumah yang roboh,”pungkasnya.

Selain peristiwa tanah longsor di Desa Tumpuk, tanah longsor juga terjadi di beberapa titik, yakni rumah Said, di Dusun Banaran Desa Watupatok. Longsor juga menutup jalan di Dusun Petungulong Desa Watupatok.

Tak hanya tanah longsor, kawasan Desa Watupatok juga diterjang banjir bandang dan menyebabkan kerusakan lahan pertanian warga setempat. Jembatan di kawasan tersebut, yakni jembatan Dongsaren juga dikabarkan putus.

Peristiwa tersebut menambah daftar kejadian bencana di Pacitan sejak awal tahun hingga pertengahan Maret 2020. Berdasarkan data BPBD Pacitan, setidaknya ada 189 kejadian bencana alam yang terjadi di Pacitan, dimana tanah longsor menjadi bencana paling sering dengan total 132 kejadian dalam kurun waktu 1 Januari hingga 20 Maret 2020.

Pewarta: Dwi Purnawan