Pacitan Masuk Kategori Sedang Tingkat Kerawanan Pemilu

oleh -100 views

Pacitanku.com, PACITAN– Kabupaten Pacitan masuk kategori sedang perihal tingkat kerawanan pelaksanaan pemilihan umum. Pernyataan itu disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan, Bawaslu Pacitan, Sulami, Kamis (19/3/2020).

Menurut Sulami, dari hasil rapat koordinasi dengan Bawaslu Provinsi Jatim, ada empat dimensi yang dijadikan indikator penentu tingkat kerawanan suatu wilayah. Yaitu, dimensi sosial politik, dimensi penyelenggara, dimensi kontestasi dan dimensi partisipasi.

“Untuk partisipasi, di Pacitan memang ada peningkatan, dibandingkan pemilu sebelumnya. Dari pihak penyelenggaraan memang hampir tidak ditemukan pelanggaran. Baik dari Bawaslu ataupun KPU sudah berjalan sesuai regulasi masing-masing,” ujarnya.

Kordiv Pengawasan Bawaslu Pacitan Sulami. (Yuniardi Sutondo).

Namun begitu, Sulami menekankan kepada seluruh penyelenggara mulai dari Bawaslu sampai pengawas tempat pemungutan suara (PTPS), agar tidak lengah. Sebab segala kemungkinan masih saja terjadi.

“Perangkat pengawasan, mulai Bawaslu sampai PTPS kita siapkan sebaik mungkin. Mereka akan dibekali pengalaman dan pengetahuan untuk mencegah pelanggaran, demi suksesnya pelaksanaan Pilbup,” harapnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan