Wabup Pacitan: UNBK di Pacitan Berlangsung Lancar

oleh -13442 views
PANTAU UNBK. Suasana UNBK hari pertama, Selasa (17/3/2020) di Pacitan berlangsung lancar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Ditengah upaya melawan pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19), pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa SMK tetap berjalan sesuai jadwal.

Di kabupaten Pacitan, ujian nasional bagi sekolah kejuruan ini berlangsung normal meski Pemerintah Kabupaten Pacitan meliburkan semua sekolah jenjang pendidikan dasar.

Guna memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Pacitan, Asisten Bupati dan Pengawas SMA/MA/SMK melakukan pemantauan langsung kesekolah penyelenggara ujian.

“Saya mengapresiasi kesiapan sekolah penyelenggara dalam mempersiapkan sarana dan prasarana ujian” kata Wakil Bupati saat berada di SMKN 2 Pacitan, Selasa (17/3/2020) kemarin, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan.

Yudi Sumbogo juga memastikan kesiapan sekolah dalam menyiapkan standart dasar kesehatan sekolah dalam mengantisipasi pandemi Covid-19.

Mulai dari penyediaan sabun cuci tangan dan air mengalir, hand sanitizer serta penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan sekolah. Terkait penggunaan masker penutup, wakil bupati memberikan toleransi kepada peserta ujian yang tidak memakai. Terkecuali jika ada peserta yang sakit.

“Secara umum pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer di Pacitan berjalan cukup lancar” katanya lagi.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Pacitan Yusuf menyatakan, pihaknya bersama dengan perusahaan penyedia jaringan listrik dan internet sudah menjalin kerjasama memastikan ujian nasional tidak terkendala.

Meski diakuinya ada beberapa permasalahan terkait jaringan namun dapat teratasi. Seperti di SMK Pembangunan Kikil Arjosari, jaringan internet sempat tersendat. Namun, tidak berlangsung lama.

“Kita memastikan pelaksanaan ujian tidak hanya berlangsung lancar tapi juga aman dan nyaman bagi siswa,” ungkapnya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang SMK diikuti sebanyak 3.600 lebih peserta. Pelaksanaan Berlangsung mulai senin, 16 Maret sampai Kamis 19 Maret 2020.

Ujian susulan berlangsung tanggal 7-8 April 2020. Wakil Bupati Yudi Sumbogo memantau UNBK di SMK Plus Roudhoh Al Hikam Mangunharjo, SMK Pembangunan Kikil Kecamatan Arjosari.