Cegah Penyebaran Covid-19, Dishub Pacitan Gelar Kerja Bakti di Kawasan Terminal

oleh -13311 views

Pacitanku.com, PACITAN — Gugus tugas penanganan coronavirus disease (covid-19) Pemkab Pacitan, terus bergerak cepat menindaklanjuti imbauan yang disampaikan pemerintah diatasnya terkait pengendalian dan pencegahan serangan virus asal Wuhan Tiongkok tersebut.

Salah satunya, seperti yang dilaksanakan Dinas Perhubungan (Dishub) bekerja sama dengan UPT Terminal, Tipe A Pacitan. Kepala Dishub Kabupaten Pacitan, Wasy Prajitno, mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan UPT Terminal Tipe A, langsung melaksanakan kerja bakti dikawasan terminal.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari imbauan pemerintah pusat maupun provinsi terkait penanganan serangan coronavirus,” kata Wasy disela-sela kegiatan kerja bakti penanganan covid-19, Selasa (17/3/2020).

Wasy mengatakan, kerja bakti difokuskan dibeberapa titik permukaan yang dipandang sering disentuh orang. Seperti misalnya handle pintu, tangga, kursi, meja yang utamanya berada diruang tunggu terminal.

“Beberapa titik itu kita bersihkan dengan air yang dicampur detergent dan lap kering. Sebab upaya ini dipandang paling efektif dalam pencegahan covid-19,” terang mantan Kepala Disbudparpora ini.

Menurut Wasy, sebagaimana petunjuk juru bicara pencegahan covid-19 pusat, Ahmad Yurianto, bahwa covid-19 berjenis lemak. Sehingga virus tersebut akan mudah hilang atau mati ketika terkena cairan detergent.

“Jadi tidak harus menggunakan cairan desinfektan. Sabun detergen ternyata lebih efektif melunturkan covid-19,” jelas Wasy.

Lain itu, pada kesempatan kerja bakti itu, juga dipasang enam unit wastafel di kawasan terminal. Diharapkan masyarakat atau petugas terminal yang masuk, bisa tetap memedomani prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kegiatan kerja bakti ini tadi melibatkan 50 orang dari Dishub dan 25 orang dari UPT Terminal,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan