Dinkes Pacitan Lakukan Fogging Fokus di Kawasan Pendopo Kabupaten

oleh -13282 views
FOGGING KHUSUS. Sejumlah petugas tengah melakukan pengasapan di kawasan Pendopo Kabupaten Pacitan, Rabu (11/3/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, langsung melakukan tindakan pemeriksaan epidemiologi dan pengasapan atau fogging di kawasan Pendopo Pemkab Pacitan. Itu menyusul sakitnya Bupati Indartato yang kuat diduga terserang demam berdarah dengue (DBD).

Baca juga: Kena DBD, Bupati Indartato Harus Dirujuk ke Luar Kota

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pacitan, Hendra Purwaka mengatakan, hari ini pihaknya memang langsung melakukan fogging fokus di kawasan pendopo sekitarnya.

“Namanya fogging fokus. Sebab setelah kita lakukan pemeriksaan epidemiologi, memang benar di seputaran pendopo ada warga yang diduga menderita DBD, termasuk Pak Bupati (Indartato, Red) yang saat ini tengah dirawat di Yogyakarta,” ujar Hendra saat dihubungi melalui sambungan telepon, di tengah tengah perjalanan menuju Yogyakarta untuk membesuk Bupati Indartato, melalui ponselnya, Rabu (11/3/2020).

Menurut Hendra, fogging khusus ini dilakukan setelah ditemukan adanya masyarakat yang positif menderita DBD. Langkah tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut pemeriksaan epidemiologi di kawasan terdampak.

“Kita berharap masyarakat tetap mengedepankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), utamanya kebersihan lingkungan. Dan yang terpenting, lakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara berkesinambungan,”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, pada Selasa (10/3/2020), Bupati Pacitan Indartato, harus dilarikan ke luar kota untuk mendapatkan penanganan intensif lantaran terdiagnosa menderita penyakit yang disebabkan dari gigitan nyamuk aedes aygepti tersebut.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan