Saluran Mampet, Jalur Pacitan-Ponorogo Kembali Dipenuhi Lumpur

oleh -13381 views
Badan jalan tertutup air dan genangan lumpur di depan Puskesmas Tegalombo, Rabu (11/3/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Hujan deras yang berlangsung selama beberapa hari ini mengakibatkan jalur jalan jurusan Pacitan-Ponorogo terkendala.

Itu dikarenakan adanya luberan air bah sebagai dampak tersumbatnya saluran, tepatnya yang berlokasi di depan Puskesmas Tegalombo.

Saat ini, badan jalan tertutup air dan genangan lumpur sebagai akibat gunturan tebing yang menyumbat selokan.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan (PJJ) UPT PJJ, Dinas PU dan Binamarga Pemprov Jatim wilayah Pacitan, Budi Hari Santoso mengatakan, penyebab utama mampetnya fungsi saluran sebagai dampak banyaknya gunturan tanah yang berhenti di mulut saluran.

“Praktis, air tak bisa mengalir hingga meluber ke jalanan. Sehingga badan jalan banyak digenangi lumpur,” ujarnya saat dihubungi pada Rabu (11/3/2020).

Saat ini, pihaknya telah menerjunkan personil ke lapangan guna melakukan langkah-langkah pembersihan.

Namun begitu, Budi menegaskan, kalau upaya yang dilakukan tidak akan membuahkan hasil maksimal. Sebab lelehan tanah dari atas tebing sangat banyak dan menutup mulut saluran.

“Dalam bulan ini akan kita lakukan pembicaraan dengan Kepala Desa Tegalombo, Pak Camat dan tokoh masyarakat untuk mencari solusi terbaik,” jelasnya.

Menurut Budi, memang harus dilakukan relokasi saluran. “Karena itu, kita butuh duduk bersama untuk membahas masalah ini. Sebab akan ada penggunaan lahan warga untuk upaya pengalihan saluran,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan